Destinasi Wisata di Siak

Rintis Pengembangan Minyak Atsiri di Siak, Pria Ini Ajak Masyarakat Tanam Komoditas Ramah Lingkungan

Menghadirkan mesin penyulingan minyak atsiri di Siak bukan perkara semudah membalik telapak tangan

Editor: Theo Rizky
Istimewa
Fasilitas penyulingan minyak atsiri di rumah produksi UMAR 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Pegiat Lingkungan di Kabupaten Siak , Tengku Said Eka Nusirhan merintis pengembangan minyak atsiri .

Saat ini dia mulai menyuling minyak dari bahan baku nabati serai wangi (Cymbopogon nardus) di kampung Buantan Besar, Kecamatan Siak , Kabupaten Siak , Riau.

“Kita melihat peluang yang besar dalam pengembangan minyak atsiri ini di Kabupaten Siak , selain itu kita juga ingin mengurangi hegemoni sawit dengan tanaman ramah lingkungan,” kata Eka, panggilan akrabnya Jumat (5/3/2021). 

Usaha yang dirintis Eka diberi nama Rumah Produksi UMAR, akronim dari Usaha Minyak Atsiri Riau .

Ia sudah lama melirik potensi minyak atsiri ini di kampung halamannya Siak. Sebab, ia melihat dominasi sawit terlalu besar sehingga tidak heran bila banyak masyarakat menanam kelapa sawit hingga ke pekarangan rumahnya. 

“Ini sekarang yang kita coba mengintervensi untuk tanaman ramah lingkungan. Masyarakat bisa menanam serai wangi atau komoditas ramah lingkungan lainnya di pekarangan rumahnya namun memberikan tambahan pendapatan bagi keluarga,” kata dia. 

Menurut Eka, ada banyak komoditas untuk minyak atsiri di Siak yang dapat dikembangkan. Bagitu dia mulai menyuling serai wangi maka ia membutuhkan bahan baku yang lebih banyak. Ia bisa membeli tanaman pekarangan di rumah -rumah masyarakat untuk memenuhi kapasitas mesin sulingnya. 

BACA JUGA :

Ini 3 Kawasan Hutan Mangrove di Kabupaten Siak yang Layak Untuk Dikunjungi

Kebakaran di Giam Siak Kecil Sudah 11 Hari, Kepala BBKSDA Riau: Kami Akan Sita Bibit Sawit di Sana

“Sebenarnya ini bukan proyek profit oriented, namun sesuai dengan keinginan kita bagaimana masyarakat diintervensi agar mengelola lingkungan dengan tanaman ramah lingkungan,” kata Eka. 

Menghadirkan mesin penyulingan minyak atsiri di Siak bukan perkara semudah membalik telapak tangan. Eka sudah merintis rencana besarnya ini sejak 2017 silam. Inspirasi itu ia dapatkan dari perjalanmya ke Sendang Mole, Yogyakarta. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved