Vaksin Covid 19

Kekebalan Komunitas Akan Tercapai Jika 70 Persen Penduduk Riau Sudah Divaksin

Walau sudah menerima Vaksin Covid-19 , protokol kesehatan tetap wajib dilaksanan

Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Vaksinasi Covid-19 tahap kedua digelar di Gelanggang Olahraga Remaja Pekanbaru, Senin (1/3/2021). Ribuan orang yang mendapat Vaksi Covid-19 tersebut berasal dari berbagai instasi dan organisasi yang ada di Provinsi Riau 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Riau , dr Indra Yovi, Rabu (10/3/2021) mengatakan, untuk bisa menciptakan kekebalan komunitas, syaratnya 70 persen warga Riau harus divaksin.

Untuk itu, pihaknya berharap masyarakat di Riau yang belum divaksin dapat segera mendapatkan Vaksin Covid-19 untuk membentuk imunitas.

"Kami berharap penduduk di Riau mempunyai imunitas nantinya, dengan syarat 70 persen seluruh penduduk sudah melakukan vaksinasi," kata Indra Yovi. 

Dokter spesialis paru RSUD Arifin Ahmad ini mengungkapkan, jika jumlah warga yang divaksin belum mencapai 70 persen dari total jumlah penduduk di sebuah daerah, maka kekebalan komunitas tidak akan terbentuk. 

"Kalau kurang dari itu, kekebalan komunitas tidak akan tercapai. Selama kekebalan komunitas tidak tercapai, protokol kesehatan wajib hukumnya," kata Indra Yovi. 

BACA JUGA :

Dengan Desain Cantik dan Warna Menarik, Air Purifier Toshiba Dapat Menyaring Partikel Hingga 99,7 %

Siaga Darurat Karhutla di Riau, Awal Maret ini KLHK Akan Melaksanakan Rekayasa Hujan Melalui TMC

Namun menurut Indra Yovi, meski sudah divaksin, tidak menjamin seseorang akan terbebas dari Covid-19 . Terbukti, di Riau ada dua pasien yang terkonfirmasi Covid-19 ternyata sebelumnya sudah dua kali disuntik vaksin.

Vaksinasi Covid-19 tahap kedua digelar di Gelanggang Olahraga Remaja Pekanbaru, Senin (1/3/2021). Ribuan orang yang mendapat Vaksi Covid-19 tersebut berasal dari berbagai instasi dan organisasi yang ada di Provinsi Riau
Vaksinasi Covid-19 tahap kedua digelar di Gelanggang Olahraga Remaja Pekanbaru, Senin (1/3/2021). Ribuan orang yang mendapat Vaksi Covid-19 tersebut berasal dari berbagai instasi dan organisasi yang ada di Provinsi Riau (tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky)

"Tiga hari yang lalu saya mendapatkan berita bahwa ada dua pasien di Riau yang sudah divaksin dua kali tapi masih bisa terpapar Covid-19 ," katanya. 

"Artinya, vaksin tidak serta merta memberikan perlindungan 100 persen kepada individu tersebut. Masih punya resiko terpapar Covid-19 , makanya walau sudah divaksin, protokol kesehatan tetap wajib dilaksanan," ujarnya lagi.

BACA JUGA :

Konsumen Bisa Nikmati Promo DP Ringan Motor Yamaha di Acara Pekanbaru Fair 2021

Rintis Pengembangan Minyak Atsiri di Siak, Pria Ini Ajak Masyarakat Tanam Komoditas Ramah Lingkungan

Kewajiban mematuhi Prokes ini, jelas Yovie, diantaranya dapat dilakukan dengan wajib memakai masker, menghindari kerumunan, menjaga jarak, mencuci tangan dan mengurangi mobilisasi.

"Masker wajib dipakai, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilisasi. Ini untuk mengantisipasi dan menghindari penularan Covid-19 ," katanya.

Hingga saat ini total kasus Covid-19 di Riau sudah mencapai 32.211 kasus. Dari jumlah tersebut, 690 pasien masih menjalani isolasi mandiri, 308 pasien dirawat di rumah sakit. Kemudian pasien yang sembuh sebanyak 30.427 orang dan yang meninggal dunia sebanyak 786 pasien.

Akses Informasi Ekonomi Kreatif dan Pariwisata Riau Sambil Belanja di Gerai UMKM Mal SKA

Melalui Aplikasi ISPUNet KLHK, Masyarakat Dapat Mengetahui Kualitas Udara Secara Real Time

VIDEO : Vaksinasi Covid-19 Massal Tahap Kedua di Pekanbaru

Maret Masyarakat Umum Mulai Divaksin, Kadiskes Riau Ungkap Sanksi Bagi Warga yang Tak Mau Divaksin

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved