Kota Pekanbaru

Acara Belum Dibuka, Karya Seni Pada Pameran Pajang Karya DKR 1.2 Sudah Terjual

Setelah mendapatkan nama-nama seniman, Komite Seni Rupa melaksanan proses kurasi karya, studio visit dan display karya.

Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
Istimewa
Pameran Pajang Karya (PaKar) kembali digelar di Gedung Dewan Kesenian Riau (DKR) , Rabu (31/3/2021) Kegiatan yang diberi nama PaKar DKR 1.2 tersebut berlangsung pada tanggal 30 Maret-10 April 2021. 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Pameran Pajang Karya (PaKar) kembali digelar di Gedung Dewan Kesenian Riau (DKR) .

Kegiatan yang diberi nama PaKar DKR 1.2 tersebut berlangsung mulai tanggal 30 Maret-10 April 2021.

Acara itu dibuka pada Selasa (30/3/2021) malam oleh Kadis Pariwisata Provinsi Riau ,Roni Rakhmat

“Alhamdulillah, pada PaKar 1.2 ini karya Mixed-media yang berjudul Teka-teki dari Romi Suharsa telah terjual sebelum acara dibuka, karya tersebut dibeli oleh PT. CPI atau kita kenal dengan Chevron. Hal ini mengulang kesuksesan PaKar 1.1 terdahulu, dimana saat itu terjual 4 karya.  Hal ini merupakan peningkatan yang luar biasa bagus”, ujar Fachrozi Amri sebagai Art Director.

Kali kedua Komite Seni Rupa Dewan Kesenian Riau menaja Pameran Karya Seni Rupa di awal tahun 2021.

Tetap mengusung tajuk “Marwah dan Identitas” yang menghadirkan 9 seniman undangan dan 1 seniman submission. 8 Seniman berasal dari Pekanbaru, dan 2 orang dari Kuansing.

BACA JUGA :

Bioskop di Pekanbaru Kembali Dibuka, Godzilla Vs Kong Jadi Film Perdananya

Kagumi Karya Seni di Pameran Pajang Karya DKR, Gubri Syamsuar Langsung Beli Dua Lukisan

Karya terdiri dari 1 karya 3 dimensi dan 13 karya 2 dimensi seni visual. 

"Bisa dikatakan PaKar 1.2 kali ini mulai mewakili seniman Riau. Semoga di PaKar selanjutnya bisa menghadirkan seniman Riau dari seluruh penjuru provinsi," kata Fachrozi.

Dijelaskannya, proses persiapan PaKar DKR 1.2 itu memakan waktu sekitar satu bulan, dimulai dari penjaringan seniman undangan dan seniman submission.

Setelah mendapatkan nama-nama seniman, Komite Seni Rupa melaksanan proses kurasi karya, studio visit dan display karya sesuai dengan standar pameran yang layak.

"Apresiasi layak dialamatkan kepada Chevron sebagai sponsor acara ini, serta pendukung acara dari jajaran kuliner andalan Riau antara lain Makacha Bakery, Leton Coffee dan d’Mama Corner Sayid Navisha dan diantara ada perusahaan lokal yaitu PT Arara Abadi," tambah Fachrozi lagi.

BACA JUGA :

Komite Seni Rupa DKR Gelar Pameran Pajang Karya, Tampilkan 12 Karya Terbaik Perupa Riau

10 Seniman Pamerkan Karya Seni Lewat Billboard Dalam Pameran Visual Art Luar Ruang di Pekanbaru

Pameran Pajang Karya merupakan sebuah ajang pameran seni rupa berkala tiga atau empat bulan sekali dalam satu tahun.

Pameran tersebut hadir sebagai kegiatan mendukung geliatnya kekaryaan para perupa di Riau.

Harapannya, PaKar bisa menjadi medan ekspresi dalam menumpahkan nilai-nilai estetika yang diusung dan menemukan ciri bentuk pada karya mereka. 

Pameran Pajang Karya (PaKar) kembali digelar di Gedung Dewan Kesenian Riau (DKR) , Rabu (31/3/2021) Kegiatan yang diberi nama PaKar DKR 1.2 tersebut berlangsung pada tanggal 30 Maret-10 April 2021.
Pameran Pajang Karya (PaKar) kembali digelar di Gedung Dewan Kesenian Riau (DKR) , Rabu (31/3/2021) Kegiatan yang diberi nama PaKar DKR 1.2 tersebut berlangsung pada tanggal 30 Maret-10 April 2021. (Istimewa)

Disampaikan Ketua Umum DKR, Atan Lasak beberapa waktu lalu, PaKar para perupa Riau dilakukan dengan sangat selektif dengan melakukan sejumlah proses kurasi ketat.

Hal ini dilakukan agar terjaring seniman dengan karya-karya yang berkualitas dan mengusung tema-tema kekinian yang sarat dengan nilai lokalitas, agar karya dapat diapresiasi dan terjual (market seni)

 “Dapat saya sampaikan bahwa PaKar DKR ini adalah sebuah perhelatan yang merupakan program tahunan DKR, dalam hal ini ditaja Komite Seni Rupa. Nawaitu kami perhelatan ini bisa dilaksanakan tiga bulan sekali, artinya dalam setahun tiga kali PaKar diselengarakan,” kata Atan 

Ia mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat agar dapat mendukung dan mendoakan agar kegiatan ini bisa terus terlaksana.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved