BRSAMPK Rumbai

Balai Anak Rumbai Salurkan Bantuan Untuk Anak Korban Bencana Banjir dan Puting Beliung di Pekanbaru

Layanan ATENSI anak bagi korban bencana banjir ini ditujukan kepada klaster anak dalam situasi darurat.

Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
Istimewa
Kementerian Sosial RI melalui Balai Anak "Rumbai" di Pekanbaru lakukan respon kedaruratan korban bencana banjir dan angin puting beliung sebagai wujud layanan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) Anak berbasis komunitas di wilayah yang terdampak bencana alam di Pekanbaru 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Kementerian Sosial RI melalui Balai Anak "Rumbai" di Pekanbaru lakukan respon kedaruratan korban bencana banjir dan angin puting beliung sebagai wujud layanan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) Anak berbasis komunitas di wilayah yang terdampak bencana alam.

Dalam beberapa hari ini, hujan lebat telah menyebabkan banjir dan angin kencang di beberapa titik.

Ramai diberitakan di media sosial dan media massa online, ratusan rumah terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 1,5 - 2m.

Warga terdampak banjir sudah dievakuasi petugas menggunakan perahu karet ke lokasi yang lebih aman.

Salah satu kawasan yang terparah adalah di Kecamatan Bukit Raya , Kota Pekanbaru , Riau meskipun saat ini air sudah mulai surut.

Layanan ATENSI anak bagi korban bencana banjir ini ditujukan kepada klaster anak dalam situasi darurat.

BACA JUGA :

Napak Tilas Perjuangan Sultan Syarif Kasim II, Pria ini Gowes Menuju Titik Nol Kilometer

Penyelundupan Puluhan Ekor Anak Buaya Berhasil Digagalkan di Bandara SSK II Pekanbaru

Kamis (1/4/2021) pagi, Tim Balai Anak Rumbai Pekanbaru telah melakukan identifikasi awal permasalahan dan kebutuhan anak-anak terdampak banjir.

Berkoordinasi dengan Lurah Bukit Raya, Kadwadi, dan Kepala Pelaksana BPBD, Zarman. Tim mendatangi langsung lokasi bencana di Perumahan Pesona dan Perumahan Graha Fauzan Asri, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru. Perwakilan Tagana setempat membantu tim untuk sampai di lokasi.

Kementerian Sosial RI melalui Balai Anak
Kementerian Sosial RI melalui Balai Anak "Rumbai" di Pekanbaru lakukan respon kedaruratan korban bencana banjir dan angin puting beliung sebagai wujud layanan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) Anak berbasis komunitas di wilayah yang terdampak bencana alam di Pekanbaru (Istimewa)

Kepala Balai Anak “Rumbai” di Pekanbaru dalam hal ini diwakili oleh Pekerja Sosial, Yustisia, menjelaskan kepada Lurah dan masyarakat bahwa tujuan kedatangan tim Balai Anak "Rumbai" di Pekanbaru adalah untuk pemetaan dan pendataan kebutuhan anak korban banjir dan puting beliung.

"Kami hadir ke lokasi untuk mengidentifikasi apa saja yang menjadi kebutuhan anak-anak dan masyarakat di sini yang terdampak bencana banjir dan angin kencang. Informasi yang kami dapatkan banjir sudah berlangsung sejak hari Minggu kemarin." kata Yustisia.

Banjir menggenangi perumahan di Kecamatan Bukit Raya , Kota Pekanbaru
Banjir menggenangi perumahan di Kecamatan Bukit Raya , Kota Pekanbaru (Istimewa)

Berdasarkan hasil pemetaan dan pendataan tim di lapangan, setidaknya terdapat 161 anak terdampak banjir dan puting beliung yang membutuhkan bantuan makanan, obat-obatan, dan kebutuhan bayi.

BACA JUGA :

Balai Anak Rumbai Pekanbaru Terima Rujukan Kasus Anak Viral di Pelalawan

Balai Anak Rumbai Jangkau Anak Komunitas Adat Terpencil Suku Akit di Kepulauan Meranti

Merespon kondisi tersebut, Balai Anak “Rumbai” di Pekanbaru langsung menyalurkan paket bantuan logistik pemenuhan kebutuhan hidup layak berupa susu, biskuit bayi, popok bayi, minyak telon, bedak bayi, dan vitamin sebanyak 161 paket.

Masing-masing 100 paket di Perumahan Pesona dan 61 paket di Perumahan Graha Fauzan Asri.

Selain menyalurkan paket bantuan logistik. Tim pekerja sosial dan psikolog Balai Anak “Rumbai” di Pekanbaru melakukan rapid assessment , memberikan pendampingan, penguatan, serta dukungan psikososial kepada anak-anak dan keluarga terdampak banjir dan angin kencang di dua lokasi tersebut.

Bangun Sinergitas, Balai Anak Rumbai Pekanbaru Gelar Sosialisasi dan Koordinasi Program ATENSI

RZ dan Orangtuanya Dipertemukan, Balai Anak Rumbai Reunifikasi Anak yang Alami Keterpisahan

Balai Anak Rumbai Lakukan Pendampingan Terhadap Bayi Penderita Hidrosefalus di Siak

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved