Kota Pekanbaru

Napak Tilas Perjuangan Sultan Syarif Kasim II, Pria ini Gowes Menuju Titik Nol Kilometer

Sosok raja anti penjajah di masa kolonial ini menginspirasi Tengku Habibie melakukan napak tilas terhadap jejak perjuangan Sultan Syarif Kasim II.

Istimewa
Tengku Habibie 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Sosok Sultan Syarif Kasim II sudah menggoreskan tinta emas dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Raja Kesultanan Siak Sri Indrapura ini merupakan satu pahlawan nasional asal Bumi Lancang Kuning.

Sosok raja anti penjajah di masa kolonial ini menginspirasi Tengku Habibie melakukan napak tilas terhadap jejak perjuangan Sultan Syarif Kasim II.

Perjalanan dengan mengendarai sepeda diberinya nama Goes to Sabang .

Ada rencana napak tilas jejak pahlawan ini akan dimulai pada 4 April 2021 nanti. Habibie bakal memulai perjalanan dari Kota Pekanbaru menuju titik nol kilometer di Sabang.

Total ada 12 daerah jadi titik persinggahan Habibie. Daerah itu yakni mulai dari Duri, Bagan Batu, Kota Pinang, Tebing Tinggi, Medan, Tanjung Pura, Kuala Simpang, Langsa, Lhokseumawe, Sigli, Banda Aceh dan berakhir di titik nol kilometer di Sabang.

Pria 41 tahun ini mengaku perjalanan dengan sepeda ke ujung pulau paling Barat di nusantara ini sebagai kecintaan pada tanah air. Apalagi titik nol kilometer di Sabang sebagai satu tanda wilayah Indonesia.

"Sejak SD kita dengan semangat menyanyikan lagu Dari sabang sampai Merauke. Maka saya bakal memulai petualangan dengan bersepeda menuju Sabang," ujarnya, Rabu (31/3/2021).

Pilihannya gowes menuju Sabang bukan tanpa alasan. Ia mengatakan bahwa pulau paling utara di Pulau Sumatera itu menyimpan penggalan kisah sejarah  Sultan Syarif kasim II.

"Hari-hari almarhum selama dua tahun lebih tinggal di Aceh, tapi tidak begitu diekspos dalam sejarah," paparnya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Theo Rizky
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved