Ramadan 1442H

Biaya Haji Naik Rp 9,1 Juta, Pihak Travel di Pekanbaru Legowo, Ini Alasannya

Terdapat sejumlah fasilitas yang memang tidak bisa dipaksakan seperti dulu, mengingat masa pandemi Covid-19 saat ini.

Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Calon jemaah haji tengah melaksanakan manasik haji beberapa waktu lalu di Pekanbaru 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Adanya wacana kenaikan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) untuk tahun 2021 sebesar Rp9,1 juta per orang, dimaklumi oleh pihak travel haji dan umroh Pekanbaru. 

Direktur Utama PT Muhibbah Mulia Wisata, H Ibnu Mas'ud misalnya, menurutnya biaya haji untuk tahun ini wajar terjadi peningkatan dari biasanya.

Pasalnya ada sejumlah fasilitas yang memang tidak bisa dipaksakan seperti dulu, mengingat masa pandemi Covid-19 saat ini.

Ia mencontohkan, perubahan kapasitas tempat duduk di pesawat, yang semula bisa diisi penuh, dikarenakan penerapan protokol kesehatan Covid-19 , sehingga jadi berjarak.

Bisa jadi terisi hanya sekitar 50 persen.

"Ini kaitannya dengan penerapatan Protap kesehatan Covid-19 . Baik pada masa persiapan keberangkatan, selama di Saudi dan juga saat kembali," kata Ibnu Mas'ud kepada Tribunpekanbarutravel.com , Rabu (7/4/2021).

BACA JUGA :

Warga Bersyukur Arab Saudi Keluarkan Izin Umrah di Bulan Ramadan

Meski Sang Ibu Sempat Ragu, Akhirnya Bambang Sukmana Dapat Restu Pergi Naik Haji Pakai Motor

Contoh lainnya dikatakan Mas'ud adalah transportasi darat, yakni bus pengangkut jamaah yang semula diisi bisa 47 orang, sekarang hanya boleh diisi maksimal 21.

"Kemudian juga untuk kamar hotel, yang semula bisa diisi sampai 4 orang sekamar, sekarang boleh diisi dua orang," ulasnya.

Ibnu Mas'ud juga meyakini, calon jamaah juga akan memahami kondisi ini. Karena dengan cukup lamanya wabah Covid-19 ini berlangsung, masyarakat akan memahami bahwa ini menjadi sebuah kondisi yang tidak bisa dihindari. 

"Bahkan kenaikan sebesar Rp 9,1 juta itu adalah jumlah yang tidak terlalu besar. Karena dengan angka total biaya 44,3 juta yang ditetapkan, sebenarnya calon jamaah haji reguler masih terbantu lebih separoh. Karena sebenarnya biaya haji satu orang jamaah haji kalau dihitung benar adalah lebih dari Rp 80 jutaan," tuturnya. 

BACA JUGA :

Singgah di Pekanbaru, Pria Asal Cimahi Bambang Sukmana Naik Sepeda Motor Tunaikan Ibadah Haji 

Travel Haji dan Umrah Kembali Menggeliat, Masyarakat Antusias Walau Banyak Pembatasan

Sehari sebelumnya, Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji, Anggito Abimanyu memproyeksikan akan terjadi kenaikan BPIH untuk tahun ini, yakni sekitar Rp 9,1 juta per orang.

"Jadi untuk Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji ada kenaikan Rp 9,1 juta," kata Anggito dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VIII DPR RI, Selasa (6/4/2021).

Anggito merinci untuk biaya nonsubsidi yang awalnya sebesar Rp 35,2 juta menjadi sekitar Rp 44 juta per orang, sedangkan untuk subsidi menjadi Rp 43,11 juta dari Rp 33,9 juta. Angka ini berdasarkan basis skenario kuota 25 persen.

Kendati demikian, Anggito menyebutkan angka kenaikan itu masih hanya sebatas proyeksi dan dapat berubah tergantung kondisi ekonomi dan kebijakan dari pemerintah.

Beroperasi Kembali, Ini Jadwal Samsat Keliling di Pekanbaru

Kisah Rusman Dari Sulsel, Singgah di Siak Setelah Bertahun-tahun Keliling Indonesia dengan Vespa Tua

Jumlah Wisman ke Riau Meningkat 200 Persen, Ini Penjelasan BPS Riau

Bandara SSK II Pekanbaru Belum Terapkan Penggunaan GeNose C19

Napak Tilas Perjuangan SSK II, Habibie Bakal Tempuh Perjalanan 1200 Km dengan Sepeda Federal

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved