Kota Pekanbaru

Begini Alur Pengurusan SIM Online dengan Aplikasi Sinar, Urus SIM Bisa Lewat Handphone

Kehadiran aplikasi SIM online ini perwujudan dari janji Kapolri saat fit and proper test dengan melaksanakan transformasi Presisi,

Editor: Theo Rizky
Istimewa
Kegiatan peresmian aplikasi SINAR oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang diikuti jajaran Polda Riau dan Polresta Pekanbaru, Selasa (13/4/2021) 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meresmikan aplikasi Sinar atau SIM Presisi Nasional

Kehadiran aplikasi SIM online ini perwujudan dari janjinya saat fit and proper test dengan melaksanakan transformasi Presisi, yakni kelembagaan, operasional, pelayanan publik dan pengawasan.

"Polri harus mengikuti strategi perkembangan teknologi dan adanya pandemi Covid-19 ," kata Sigit di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat, Selasa (13/4/2021) lalu.

Mantan Kabareskrim Polri ini menuturkan, dengan kehadiran SIM online ini dapat memberikan pelayanan Kepolisian yang humanis dan menghindari kontak antara petugas dan masyarakat untuk menghilangkan penyalahgunaan wewenang.

"Sudah saatnya Polri menampilkan Polisi Lalu lintas (Polantas) yang berwibawa dan disegani masyarakat tanpa menggunakan senjata," ungkapnya.

BACA JUGA :

Belajar Berkuda Lewat Kegiatan Ngabubu-ride di Horse Power Tambusai, Aktivitas Seru Jelang Berbuka

10 Samsat Baru di Riau Layani Masyarakat Awal Tahun Ini, Ini Lokasi dan Jadwal Pelayanannya

Sementara itu, kegiatan launching aplikasi SINAR ini untuk di Riau, dipusatkan di Mapolresta Pekanbaru.

Kegiatan digelar di Aula Zapin Mapolresta Pekanbaru Jalan Jenderal Ahmad Yani. Hadir dalam kegiatan ini Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi, Wakapolda Riau Brigjen Tabana Bangun, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya, Dirlantas Polda Riau Kombes Firman Darmansyah, Kasat Lantas Polresta Pekanbaru Kompol Anindhita Rizal dan lain-lain.

Dijelaskan Kasat Lantas Polresta Pekanbaru Kompol Anindhita Rizal, aplikasi SINAR ini dapat diunduh oleh pengguna telepon pintar berbasis Android.

"Untuk i-Phone sementara belum bisa, nanti kita siapkan," sebutnya.

Ia menerangkan, setelah aplikasi diunduh, maka pengguna akan melihat ada beberapa fitur yang tersedia.

Fitur ini dapat mempermudah pengguna aplikasi untuk daftar SIM.

BACA JUGA :

Gaji Telat, Ratusan Pramudi Bus TMP Hampir Tiga Hari Mogok Kerja

Wako Pekanbaru Akan Tindak Tegas Hiburan Malam Yang Tetap Buka Selama Ramadan

"Disitu fiturnya ada perpanjangan (SIM), kemudian ada pendaftaran baru," paparnya.

Aplikasi ini diungkapkan Kasat Lantas, akan mempermudah pelayanan ke masyarakat, juga mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Aplikasi ini secara keseluruhan diakui Kompol Anindhita, memang belum sempurna, atau belum semua fitur aktif. Tapi dalam perkembangannya nanti, beberapa minggu ke depan sudah bisa diaktifkan semua.

"Salah satu fitur soal perpanjang SIM, disitu nanti diminta data diri, OTP (one time password), kemudian akan diminta foto liveness, langsung. Setelah melengkapi data diri, pengguna bisa juga mengunduh e-psikologi, ditambah e-recast. Nanti secara otomatis akan masuk ke sistem digital Korlantas Polri," urainya.

BACA JUGA :

Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2021 Akan Digelar Serentak 12 April 2021, Ini Sasarannya

Ini Imbauan MUI Riau Terkait Pelaksanaan Ibadah Selama Bulan Ramadan

Cara pembayarannya kata Kompol Anindhita, juga ada di dalam aplikasi itu. Jadi tidak perlu ke mana-mana.

Pada saat proses perpanjang SIM ini diungkapkan Kasat Lantas, maka petugas Satpas setempat akan mengonfirmasi ke pengguna.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved