Dampak Virus Corona di Riau

Bersiap Terima TKI dari LN, Pemprov Riau Minta Kemenkes Siapkan Alat Tes PCR di Lokasi Karantina

Pemerintah Provinsi Riau mengaku sudah siap untuk menerima kedatangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke tanah air.

Editor: Theo Rizky
Istimewa
Pemeriksaan suhu tubuh para penumpang di Terminal Penumpang Pelabuhan Dumai dalam upaya untuk pencegahan penyebaran virus corona yang dilakukan oleh Pelindo 1 baru-baru ini. 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau mengaku sudah siap untuk menerima kedatangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke tanah air.

TKI yang selama ini bekerja di luar negeri ini akan masuk ke tanah air melalui beberapa pintu masuk. Salah satunya adalah melalui pelabuhan Pelindo 1 yang ada di Kota Dumai .

"Kami sudah sampaikan ke pemerintah pusat, kita siap untuk membantu kedatangan saudara-saudara kita TKI dari luar negeri," kata Gubernur Riau Syamsuar , Jumat (23/4/2021).

Pihaknya sejauh ini masih menunggu keputusan dari kementerian hukum dan HAM terkait penetapan Kota Dumai sebagai salah satu pintu masuk kedatangan TKI dari luar negeri yang akan pulang ke tanah air.

"Kita saat ini hanya menunggu kebijakan dari Kementerian Kumham, terutama dari Dirjen Imigrasi berkaitan dengan pembukaan pelabuhan dumai sebagai pintu kedatangan para TKI dari luar negeri," ujarnya.

Selain itu, Gubri Syamsuar juga meminta bantuan kementerian kesehatan untuk menyiapkan alat tes PCR di lokasi karantina di Dumai.

Sebab para TKI yang tiba di tanah air melalui pelabuhan dumai ini akan langsung di periksa kesehatan melalui tes swab PCR.

BACA JUGA :

Pemko Bakal Antisipasi Arus Kedatangan ke Kota Pekanbaru

Satgas Penanganan Covid Edarkan Syarat Perjalanan Darat, Laut dan Udara yang Baru, Berlaku 22 April

"Semua yang kembali ke tanah air itu mereka harus dikarantina selama lima hari, dan saat baru tiba mereka ini harus di PCR, dan saat sudah selesai karantina lima hari mereka juga di tes PCR lagi sebelum kembali ke daerah asal atau kampungnya masing-masing," katanya.

Sebelumnya, pemerintah pusat mengusulkan pelabuhan dumai sebagai salah pintu masuk bagi kedatangan para migran dari luar negeri yang akan kembali ke tanah air.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved