Destinasi Wisata di Dumai

Majid Baiturrahman Syech Umar, Masjid Bersejarah di Dumai, Dibangun 5 Tahun Setelah Kemerdekaan RI

Majid Baiturrahman Syech Umar merupakan salah satu masjid tertua dan bisa dikatakan termasuk mssjid bersejarah di Kota Dumai

Editor: Theo Rizky
Dok Tribun Pekanbaru
Majid Baiturrahman Syech Umar Kota Dumai 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, DUMAI - Majid Baiturrahman Syech Umar merupakan salah satu masjid tertua dan bisa dikatakan termasuk masjid bersejarah di Kota Dumai ,

masjid yang berada di bibir Sungai Dumai tersebut kini memiliki umur lebih dari setengah Abad . 

Bahkan, sebagian masyarakat Kota Dumai ‎menganggap bahwa Majid Baiturrahman Syech Umar merupakan masjid tertua dan pertama yang ada di Kota Dumai setelah Indonesia merdeka . 

Masjid yang terletak di Jalan Budi Kemulyaan , Kelurahaan Pangkalan Sesai ,  Kecamatan Dumai Barat tepat berada di pinggir jalan dan berdekatan dengan jembatan Sungai Dumai . 

Saat akan memasuki Masjid Baiturrahman , pada bagian depan bangunan masjid terdapat sebuah gapura berwarna hijau, di bagian atas gapura tersebut tertera tulisan Majid Baiturrahman Syech Umar .

Masjid Baiturrahman memiliki arsitektur yang cukup unik, hampir seluruh dinding masjid di pasang keramik, berwarna hijau.

Masjid Baiturraham Kota Dumai
Majid Baiturrahman Syech Umar Kota Dumai (Dok Tribun Pekanbaru)

Di dalam masjid ada empat tiang besar yang menjadi penyangga dan dilapisi oleh keramik yang sama dengan warna dindingnya, selain itu masjid ini juga berada di pinggir Sungai Dumai.

Dikarenakan masjid ini berada di pinggiran sungai, agar tidak terjadinya abrasi, pemerintah dan pengurus setempat membuat bendungan dengan batu-batu dan kayu-kayu mangrove agar masjid ini tetap berdiri kokoh  dan tidak mengalami terjadinya  abrasi. 

Pengurus Masjid Baiturrahman Jhon Efendi mengungkapkan bahwa  dalam sejarah Masjid baiturrahman dibangun 5 tahun setelah kemerdekaan Indonesia pada 1950, dan saat ini sudah berumur lebih kurang ‎71 tahun. 

BACA JUGA :

Masjid Syahabuddin, Saksi Bisu Kerajaan Melayu Islam di Siak, Dibangun di Era Sultan Syarif Kasim II

Cerita Masjid Sabilillah, Saksi Bisu Perjuangan Rakyat Bengkalis Saat Agresi Militer Belanda II

Ia menambahkan, Masjid Baiturrahman awalnya didirikan oleh Syech Umar yang merupakan seorang ulama suluk terkemuka di Dumai.  

Dijelaskannya, Syech Umar sendiri  berasal dari daerah Langkat, Sumatra Utara. Ia lahir pada tahun 1869 dan wafat pada tahun 1960.

Lebihlanjut diceritakannya, pada saat Syech Umar membuka kampung ini, ia mendirikan sebuah masjid yang awalnya memiliki nama Darrussalam, yang mana Masjid ini awalnya berdinding kulit kayu dengan arsitektur ciri khas melayu‎ dan sudah mengalami dua kali renovasi.

Masjid Baiturraham Kota Dumai
Majid Baiturrahman Syech Umar Kota Dumai (Dok Tribun Pekanbaru)

‎"Masjid mengalami dua kali renovasi  pertama pada 1981 oleh ABRI Masuk Desa Manunggal V dan pada renovasi ke dua pada tahun 2000 di lanjutkan oleh Alm. Tengku syahrom dan sekarang kondisi masjid ini sudah di desain dengan batu," imbuhnya.

Menurutnya, Kendati sudah terjadi beberapa kali perubahan atau renovasi, namun tidak mengubah ciri khas nya sejak dulu. 

Masih ada beberapa peninggalan-peninggalan masjid terdahulu yang masih bisa dilihat, yakni sumur peninggalan Syech Umar yang berada di tempat pengambilan wudhu, tempat sulub, nako subuh (pentungan) dan juga sebuah bedug.

Jhon menerangkan, dengan perkembangan zaman, nako subuh (pentungan) dan bedug sudah tidak di gunakan lagi, hal tersebut dikarenakan pihaknya  telah  menggunakan serunai atau alarm sebagai sarana yang bisa menjangkau lebih jauh. 

BACA JUGA :

Bangunan Perpustakaan Enok, Saksi Bisu Sejarah Kependudukan Kolonial Belanda Di Inhil

Masjid Agung Kuansing Simbol Religius Warga Setempat, Masuk dalam 100 Masjid Termegah di Indonesia

"Walaupun beberapa benda peninggalan ini  tidak digunakan tetapi masih kami simpan dengan baik sebagai bentuk simbol peninggalan sejarah yang akan selamanya diingat dan dikenang," terangnya

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved