Destinasi Wisata di Kuansing

Digelar Secara Daring, Pacu Jalur Fantasi Berhasil Mengobati Kerinduan Pecinta Jalur

Pacu Jalur Fantasi pertama kali digagas pada tahun 2020 lalu dan mendapatkan respon positif dari masyarakat pecinta Jalur.

Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
Istimewa/Dispar Riau
Tradisi pacu jalur yang dilaksanakan di Kabupaten Kuansing beberapa waktu lalu 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, KUANSING - Untuk mengobati kerinduan pencinta tradisi pacu jalur , Komunitas Kuansing Bacarito di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) mengelar turnamen tradisi Pacu Jalur secara daring.

Event ini memilih judul "Pacu Jalur Fantasi", digelar secara daring melalui media sosial instagram mulai 21 April hingga 2 Mei 2021 lalu.

Komunitas Kuansing Bacarito merupakan sebuah komunitas yang fokus terhadap pengembangan kebudayaan, tradisi, dan sejarah di Kabupaten Kuansing melalui platform sosial media seperti Instagram, Facebook, YouTube, dan Spotify Podcast.

Ketua penyelenggara Kuansing Bacarito, Dzikri Maulana mengatakan bahwa Pacu Jalur Fantasi pertama kali digagas pada tahun 2020 lalu dan mendapatkan respon positif dari masyarakat pecinta Jalur.

Melalui kegiatan tersebut masyarakat dapat mengobati kerinduan terhadap tradisi Pacu Jalur yang ditiadakan akibat pandemi Covid-19 .

BACA JUGA :

Selaraskan Program Pariwisata, Dispar Riau Gelar Forum Perangkat Daerah

Ini 5 Tempat Wisata Religi di Pekanbaru yang Menarik untuk Dikunjungi

"Pacu Jalur Fantasi adalah sebuah turnamen tradisi Pacu Jalur yang menggunakan sistem voting dalam menentukan pemenang. Pertandingan dimulai dari 21 April sampai 2 Mei 2021. Peserta berjumlah 88 jalur, diikuti oleh 77 desa di Kuansing dan inhu ada sekitar 11 peserta. Memperebutkan piala bergilir Dinas Pariwisata Riau , piala tetap, piagam, miniatur tonggol/bendera, uang tunai dan seragam," kata Dzikri secara tertulis kepada Tribunpekanbarutravel.com , Selasa (4/5/2021).

Kepala Dispar Riau, Roni Rakhmat (kiri) menyerahkan piala bergilir Dispar Riau kepada pemenang Pacu Jalur Fantasi beberapa waktu lalu
Kepala Dispar Riau, Roni Rakhmat (kiri) menyerahkan piala bergilir Dispar Riau kepada pemenang Pacu Jalur Fantasi belum lama ini (Istimewa/Dispar Riau)

Lebih lanjut Dzikri menjelaskan, event Pacu Jalur Fantasi diselenggarakan secara daring melalui Instastory Kuansing Bacarito melalui sistem voting dalam menentukan pemenangnya.

Untuk setiap pertandingan, diikuti sebanyak 8 ribu voters. Pada saat final 10 ribu akun warganet.

"Seluruh masyarakat dapat berpartisipasi memenangkan jalur atau perahu favoritnya dengan syarat memiliki akun media sosial instagram. Foto Jalur dari peserta diunggah di instastory instagram Kuansing Bacarito secara live. Jalur yang mendapatkan vote tertinggi akan melaju ke babak selanjutnya hingga ke babak final,'' jelasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved