Kuliner di Meranti

Sempolet, Makanan Khas Kepulauan Meranti, Sedap Dinikmati Selagi Hangat

Kabupaten Kepulauan Meranti , Riau merupakan daerah penghasil sagu terbesar di Indonesia dan memiliki makanan khas bernama sempolet

Editor: Theo Rizky
Istimewa
Kuliner khas Kabupaten Kepulauan Meranti, sempolet 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Kabupaten Kepulauan Meranti , Riau merupakan daerah penghasil sagu terbesar di Indonesia .

Hal ini juga yang membuat kabupaten termuda di Riau ini memiliki sejumlah makanan khas yang diolah dari bahan sagu. Salah satunya yang khas dan cukup terkenal adalah sempolet.

Sempolet kaya akan identitas budaya Melayu Riau , walaupun makanan ini juga dapat ditemukan pada masyarakat Melayu di Riau pesisir seperti di Bengkalis maupun Siak.

Sempolet juga menjadi spesial bagi masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti karena berbahan baku sagu yang merupakan komoditi utama asal kabupaten tersebut

Sekilas, tekstur Sempolet sangat mirip seperti sup kental juga mirip makanan khas Papua, Papeda. Jika Papeda dinikmati bersama ikan, Sempolet justru variatif.

Sempolet diibaratkan seperti cream soup berkuah pedas, namun terbuat dari sagu yang dicampur dengan sayuran pakis beserta udang, teri, siput atau daging lokan (sejenis kerang).

Perpaduan makanan ini menunjukkan pemanfaatan kearifan lokal yang optimal oleh masyarakat setempat.

Meskipun sempolet terbuat dari sagu yang mengandung protein lebih rendah daripada beras, tetapi pembuatan sempolet didukung oleh bahan-bahan yang kaya serat dan protein.

BACA JUGA :

Kasus Covid-19 di Kabupaten Siak Memuncak, Istana Siak Kembali Ditutup

Lendot Kuala Kampar, Makanan Khas Daerah Kepulauan di Pelalawan Saat Berbuka Puasa

Sayuran hijau termasuk pakis-pakisan, kangkung serta daun lainnya mengandung serat dan vitamin yang tinggi dan baik untuk pencernaan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved