Destinasi Wisata di Inhil

Pejuang Sahur Tembilahan, Kelompok yang Eksis Mempertahankan Tradisi Bangunkan Sahur di Tembilahan

Remaja-remaja di Kota Tembilahan ini masih tampak kompak menampilkan kreatifitasanya untuk membangunkan warga untuk menyantap sahur

Editor: Theo Rizky
Dok Tribun Pekanbaru
Tradisi membangunkan sahur di Kota Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, INHIL - Tradisi membangunkan sahur merupakan suatu tradisi yang dilakukan saat bulan Ramadan , kegiatan ini masih dapat ditemui di Kota Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir , Riau.

Remaja-remaja di Kota Tembilahan ini masih tampak kompak menampilkan kreatifitasanya untuk membangunkan warga untuk menyantap sahur, bersama kelompok gerebek sahur mereka.

Rombongan grebek sahur ini memang banyak di Kota Tembilahan dengan berisikan anak-anak dan remaja yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Menggunakan barang-barang bekas seadanya, mereka membuat perkusi sendiri yang dipergunakan sebagai alat musik.

Mulai dari perkusi asli seperti kendhang, pentungan bambu (angklung) hingga perkusi buatan, antara lain, drum bekas, ember bekas, panci bekas, gigi tarik bekas dan lainnya digunakan sebagai alat musik.

Meskipun seadanya, di tangan kelompok sahur ini suara yang dihasilkan dari alat-alat tersebut tidak bisa dianggap remeh.

BACA JUGA :

Tak Lekang Oleh Waktu, Bolu Kemojo Masih Menjadi Favorit Masyarakat Dumai di Bulan Ramadan

Kue Malako Kuah, Makanan Khas Masyarakat Melayu Rokan Sejak Zaman Raja-raja Terdahulu

Kekompakan dan kemahiran kelompok sahur ini berhasil mengeluarkan nada-nada indah dan harmonis ala kelompok sahur yang enak didengar untuk memecah kesunyian menjelang subuh.

Layaknya sebuah grup drum band sungguhan, kelompok grebek sahur ini berjalan kaki mengelilingi wilayah Tembilahan mulai dari jalan raya hingga lorong-lorong tidak luput oleh mereka untuk mengajak masyarakat melaksanakan sahur.

Dika, seorang anggota kelompok grebek sahur mengatakan, lagu-lagu yang mereka mainkan beragam, mulai dari dangdut, koplo, jawa, lagu pop masa kini, lagu-lagu islami dan berbagai lagu lainnya

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved