Destinasi Wisata di Bengkalis

Indahnya Lampu Colok Miniatur Masjid Tiga Dimensi di Bengkalis

Menara lampu colok di Desa Simpang Ayam Bengkalis sangat indah mengambarkan miniatur masjid tiga dimensi

Editor: Theo Rizky
Istimewa
Menara Lampu Colok pada Festival Lampu Colok di Desa Simpang Ayam Bengkalis 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, BENGKALIS - Festival lampu colok di Bengkalis merupakan tradisi bagi masyarakat di Kabupaten Bengkalis setiap malam 27 Ramadan atau sering disebut malam tujuh likur oleh masyarakat setempat.

Setiap desa hampir memiliki menara colok sebagai gengsi tersendiri.

Desa Simpang Ayam salah satu desa yang hampir setiap tahun menjadi juara. 

Untuk membuat sebuah menara colok yang indah mengambarkan miniatur masjid tiga dimensi ternyata tidak bisa dilakukan sendiri.

Perlu kerjasama banyak pihak secara gotong royong. Inilah yang dilakukan warga desa Simpang Ayam kecamatan Bengkalis, seperti diceritakan Muhammad Badowi Ketua Colok Desa Simpang Ayam kepada Tribunpekanbarutravel.com , Senin (10/5/2021) lalu.

Menurut dia, tahun ini cukup berbeda dari tahun sebelumnya, persiapan menara colok yang dibangun mereka lebih lambat dari biasanya.

"Kalau tahun tahun sebelumnya kami mempersiapkan colok dari sebelum puasa, pemuda-pemuda di sini sudah mencari kayu untuk mempersiapkan menara colok yang. Namun tahun ini kita baru di Ramadan ke delapan mencari kayu," ungkap Badowi.

BACA JUGA :

Lampu Colok, Warisan Budaya dan Kearifan Lokal Masyarakat Melayu di Kepulauan Meranti

Galopuong Ondam, Kuliner Khas Kampar yang Kerap Muncul Saat Bulan Puasa

Menurut dia, awalnya pihaknya tidak menyangka tahun inu festival lampu colok akan digelar. Karena tahun sebelumnya menimbang kondisi pandemi Covid-19 festival ini ditiadakan.

"Kemarin saat awal puasa kita dapat kabar dari Disbudparpora Bengkalis kalau akan melaksanakan festival colok kembali dan kita diminta jadi tuan rumah pembukaannya," cerita Badowi.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved