Dampak Virus Corona di Riau

Mal di Pekanbaru Tutup Tiga Hari, Hanya Usaha Esensial dan Restoran Saja Boleh Buka

Walaupun buka terbatas, pengelola Mal terus memperketat pengamanan protokol kesehatan Covid-19 .

Editor: Theo Rizky
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Mal Pekanbaru Jalan Sudirman Pekanbaru 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Pusat perbelanjaan atau mal di Kota Pekanbaru resmi ditutup sementara, Rabu (12/5/2021). Hal ini sesuai dengan Surat Pemko Pekanbaru Satgas Penanganan Covid-19 yakni pusat perbelanjaan H-1 dan H+1 Lebaran Idul Fitri 1442 H tutup. 

Pantauan Tribunpekanbarutravel.com , seluruh pusat perbelanjaan dan mal di Kota Pekanbaru tutup dan tidak beroperasi. Namun hanya ada beberapa tenant saja yang buka sesuai petunjuk pemerintah.

Yang buka itu adalah usaha esensial yang menjual bahan kebutuhan pokok dan usaha kesehatan termasuk pada pusat perbelanjaan/mal tetap membuka gerai/toko dengan ketentuan menerapkan protokol kesehatan dan membatasi jumlah kunjungan 50 persen dari kapasitas gedung/ toko/gerai serta waktu operasional dibatasi sampai dengan pukul 21.00 WIB.

Kemudian usaha restaurant/rumah makan termasuk pada pusat perbelanjaan/mal dapat dibuka hanya untuk layanan bawa pulang (take away) dan tidak melayani makan ditempat dengan waktu operasional dibatasi sampai  dengan pukul 21.00 WIN.

Seorang pengunjung bernama Rudi yang sempat mengaku kecewa, dirinya tidak tahu mal tutup hari ini. "Tujuan saya ke mal mau beli baju lebaran. Tapi karena tutup tentunya saya tidak jadi belanja dan tentunya saya kecewa," ujar Rudi.

Sementara itu warga lainnya, Ani mengatakan dirinya ke mal hanya mau ke supermarket dan tidak belanja baju atau lainnya. Ketika ditanya apakah tahu Mal tutup 3 hari ini? Ani mengaku tahu dan itu sangat bagus untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di Pekanbaru.

General Manager (GM) Mal SKA Pekanbaru Agus Salim mengatakan, saat ini Mal SKA tidak tutup total tapi buka terbatas. "Tenant yang buka itu adalah usaha kebutuhan pokok, usaha kesehatan dan cafe/resto layanan take away," ujar Agus.

Walaupun buka terbatas tegas Agus pihaknya terus memperketat pengamanan protokol kesehatan Covid-19 .

"Apalagi kita sudah buat Pernyataan dukungan libur 3 hari dihadapan Gubernur Riau Bapak Drs H Syamsuar MSi dan Forkopimda Riau," ucap Agus. 

Divisi Manager Groceries Hypermart Mal SKA Pekanbaru Adri Suwirman menyampaikan bahwa Hypermart tidak tutup dan tetap buka sampai Jumat (14/5/2021).

"Tapi hanya jam operasionalnya saja dirubah, untuk, Kamis (13/5/2022) kita buka pukul 12.00 sampai pukul 21.00 WIB dan Jumat (14/5/2021) kita buka pukul 10.00 sampai pukul 21.00 WIB, " ujar Adri.

Untuk antisipasi penyebaran Covid-19 tegas Adri, pihaknya lebih memperketat Protokol Kesehatan Covid-19. "Bagi yang tidak pakai masker dan tidak cuci tangan tidak boleh masuk Mal," ucap Adri.

Selanjutnya Corporate Secretary PT Bima Sakti Pertiwi Tbk (Mal Pekanbaru) Riza Budi mengatakan, Mal Pekanbaru juga tutup sesuai imbauan Pemko Pekanbaru.

"Tapi sesuai surat dari Pemko itu masih ada tenant esensial yang masih tetap diperbolehkan untuk beroperasi seperti supermarket dan toko obat," ujar Riza. 

Riza juga menyampaikan, walaupun operasional Mal tutup namun maintenance dan general cleaning tetap dilakukan.

"Mal akan kembali beroperasi pada tanggal 15 Mei 2021 mendatang. Keputusan ini harus kita dukung, kalau pemerintah sudah mengatur seperti itu, kami selaku pusat perbelanjaan akan ikut dan mematuhi. Karena pemerintah mengambil keputusan itu ada pertimbangan-pertimbangan untuk memutus mata rantai Covid-19," ucap Riza.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved