BRSAMPK Rumbai

Jalani Rehabilitasi Sosial di Balai Milik Kemensos, Anak dengan Depresi Berat Ini Berhasil Pulih

Sebelumnya AAP dikabarkan hilang selama tiga hari. Saat ditemukan, anak dalam kondisi diam dan enggan berbicara sedikitpun.

Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
Istimewa
AAP saat masa awal adaptasi di Balai "Rumbai" Pekanbaru 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Anak berinisial AAP yang pernah didiagnosa mengalami depresi berat di Kabupaten Pelalawan beberapa bulan lalu kini telah pulih. AAP sudah bisa berkomunikasi dengan baik dan mampu bersosialisasi dengan lingkungannya.

Sebelumnya, pada 10 Oktober 2021 lalu, AAP dikabarkan hilang selama tiga hari. Saat ditemukan, anak dalam kondisi diam dan enggan berbicara sedikitpun.

Kondisi fisiknya memprihatinkan dengan pakaian yang lusuh. Dinas Sosial Kabupaten Pelalawan merekomendasikan AAP untuk mendapatkan perlindungan di Balai “Rumbai” Pekanbaru , salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) milik Kementerian Sosial RI dengan dasar adanya dugaan kekerasan namun belum dapat dipastikan.

Hal ini karena AAP yang merupakan anak yang ceria tiba-tiba menunjukkan prilaku depresi setelah menghilang dari rumah.

Perkembangan perilaku yang fluktuatif terkadang sulit dikondisikan oleh petugas balai.

Adanya percobaan bunuh diri dengan meminum sabun pembersih lantai, memakan ranting, dan mencoba menyakiti diri sendiri juga dialami oleh AAP saat masa awal adaptasi di balai.

AAP membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan penyesuaian diri saat bersama teman-teman dan kurang responsif dalam menanggapi petugas saat diajak berkomunikasi.

Kepala Balai Anak Rumbai Pekanbaru , Ahmad Subarkah membenarkan perihal kondisi awal AAP tersebut.

“Diperlukan adaptasi kurang lebih satu bulan agar anak mulai terbiasa dengan situasi dan kondisi yang baru. Upaya-upaya telah dilakukan baik temu bahas kasus AAP, pemeriksaan kesehatan, pemberian terapi, dan dukungan teman sebaya dalam proses adaptasi AAP,” jelasnya.

BACA JUGA :

Pastikan Proses Adopsi Sesuai Aturan, Balai Anak Rumbai Beri Penguatan Pada Calon Orang Tua Asuh

Jangkau Penyandang Disabilitas dan ABH, Balai Anak Rumbai Beri Bantuan Nutrisi di Pelalawan

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved