Jumlah Wisatawan Mancanegara yang Datang Ke Riau Semakin Minim

Masih minimnya wisatawan yang datang, dikarenakan belum berakhirnya pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Riau

Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Wisatawan asing tengah menjajal ombak bono di Sungai Kampar , Kabupaten Kampar beberapa waktu lalu. 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Sebanyak 12 wisatawan mancanegara (Wisman) yang masuk ke Riau pada April 2021 lalau. Kini, jumlah wisatawan asing kembali alami penurunan, yakni hanya lima pengunjung.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Riau, Misfaruddin mengatakan, lima wisatawan mancanegara tersebut masuk melalui pintu Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru sebanyak satu orang dan dari pelabuhan Dumai sebanyak empat orang.

"Terdapat lima wisatawan mancanegara yang masuk ke Riau pada April lalu. Masih minimnya wisatawan yang datang, dikarenakan belum berakhirnya pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Riau," kata Misfaruddin, Senin (7/6/2021).

Misfaruddin menambahkan, jumlah ini menurun jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Pada bulan sebelumnya jumlah kunjungan Wisman yang datang ke Provinsi Riau lebih banyak yaitu 12 Wisman, sehingga jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, terjadi penurunan -58,33 persen pada bulan April 2021.

"Pola kunjungan wisatawan mancanegara ke Provinsi Riau melalui Bandara Sultan Syarif Kasim II yang berada di Kota Pekanbaru selama tahun 2018-2019 menunjukkan kondisi yang cukup berfluktuasi," ulasnya.

Namun sebaliknya, pada tahun 2020 mulai bulan April hingga Desember hampir tidak ada wisman yang berkunjung ke Riau melalui pintu masuk Bandara SSK II Pekanbaru karena pandemi Covid-19 .

"Sudah setahun sektor pariwisata mengalami dampak pandemik Covid-19 yang sampai saat ini belum juga berakhir. Jumlah Wisman yang datang masih sangat rendah. Pada April 2021, jumlah Wisman yang datang melalui Bandara SSK II mengalami penurunan dari 8 kunjungan pada bulan Maret 2021 menjadi 1 kunjungan Wisman atau turun sebesar -87,5 persen," jelasnya.

Sementara itu, Agus Nuwibowo selaku Koordinator Fungsi Statistik Distribusi BPS Provinsi Riau menyatakan, BPS dan Kemenpar sudah menyepakati bahwa, wisatawan mancanegara adalah seseorang yang melakukan perjalanan ke suatu destinasi utama di luar negara dimana biasa tinggal, kurang dari 1 tahun, dengan tujuan utama bisnis, berlibur atau tujuan lainnya.

Selain untuk bekerja dengan penduduk negara, yang juga menjadi standar internasional.

"Bekerja dengan penduduk negara ini maksudnya adalah,  yang memang akan tinggal dan bekerja di Indonesia, dan BPS hanya bisa memilahnya melalui Visa yang digunakan atau orang tersebut telah memiliki Kitas," ujarnya. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved