Cerita Warga Riau Budidaya Madu Lebah Klanceng, Simpel dan Hasilnya Menggiurkan

Seorang warga di Pekanbaru Riau melakukan peternakan madu lebah klanceng, madu lebah jenis ini ternyata memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Editor: Theo Rizky
Istimewa
Peternak lebah madu klanceng, Ruslan Efendi dikediamannya Jalan Tenayan Jaya Kelurahan Industri Tenayan Kecamatan Tenayanraya Pekanbaru. 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Madu merupakan cairan yang cukup banyak dicari pada saat pandemi Covid-19 ini, selain banyak manfaat untuk kesehatan, madu juga disarankan bagi masyarakat untuk meningkatkan imun tubuh baik yang terkena Covid-19 maupun sebagai upaya pencegahan.

Sehingga saat ini keberadaan madu lebah di pasaran sangat laris, mulai dari madu hutan sialang, madu lebah jenis lain baik itu lebah di pohon kelapa sawit, lebah di pohon jati dan jenis lainnya.

Namun ada yang menarik ditengah kondisi itu, melihat peluang usaha yang menjanjikan, seorang warga di Pekanbaru Riau melakukan peternakan madu lebah klanceng atau lebah madu trigona  , madu lebah jenis ini ternyata memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Ruslan Efendi seorang warga yang tinggal di Jalan Tenayan Jaya Kelurahan Industri Tenayan Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru ini sudah melakoni ternak atau budidaya lebah tak bersengat ini.

Melalui Kelompok Usaha bersama Berkah Madani milik kelompok mereka, Ruslan Efendi memulai bisnis ternak lebah klanceng tersebut.

Pola bisnis lebah klanceng ini melakukan kerjasama dengan perusahaan besarnya di Cirebon, jadi tugas peternak ini hanya merawat lebah yang sudah dimasukkan dalam kotak ataupun non dari perusahaan di Cirebon.

BACA JUGA :

Kedai Te Talua Madu-Lintau Sajikan Minuman Berbahan Rempah Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Hari Lebah Sedunia 2020 : Menyelamatkan Masa Depan Melalui Konservasi Lebah

"Tugas kita hanya merawat dan menyediakan tempat berupa rak dan tempatnya kotak atau bok tempat lebah klanceng nya,"ujar Ruslan Efendi saat bercerita dengan Tribunpekanbarutravel.com belum lama ini.

Menurut Ruslan Efendi, pekerjaannya tidak sampai menguras tenaga dan sangat simpel, pasalnya kita tidak perlu menyiapkan makanan untuk lebah klanceng agar bisa menghasilkan madu.

Melainkan cukup menanam di sekitar tempat budidaya tersebut tanaman yang berbunga, maka di tanaman itulah biasanya lebah klanceng mencari makan mengambil madu bunga dan membawanya ke kotak tersebut.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved