Ini Tips Self Make Up Untuk Riasan Natural Agar Selalu Tampil Cantik

Wanita dituntut harus bisa merias wajahnya sendiri (self make up), terutama untuk sehari-hari

Editor: Theo Rizky
Istimewa
Beauty conten creator , Carl Carel 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Wanita dituntut harus bisa merias wajahnya sendiri (self make up).

Terutama untuk sehari-hari. Apalagi saat acara khusus, dibutuhkan riasan wajah yang tampak cantik alami.

Riasan natural pada prinsipnya hasil yang senada dengan warna kulit. Carl Carel, seorang beauty conten creator yang terbilang fasih dengan self make up mengatakan bahwa versi meke up natural bagi setiap orang berbeda.

"Tergantung selera. Ada yang merasa sudah natural, tapi bagi orang lain too much. Ada yang orang melihat seperti sudah make up, padahal belum make up," kata Carel beberapa waktu lalu.

Terlepas dari perbedaan selera tersebut, Carel menyebutkan, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam merias wajah. Pertama, tentunya produk kosmetik serta peralatan dan perlengkapan penunjangnya harus dipersiapkan.

Kemudian, pencahayaan sangat penting dalam swa make up. "Supaya hasilnya bagus, butuh pencahayaan yang baik," kata wanita 32 tahun ini. Ia menjelaskan, hasil make up bisa tampak berbeda setelah berada di luar ruangan yang bercaya terang.

Ini dikarenakan kurang memadainya pencahayaan saat melakukan make up. Oleh karena itu diperlukan ring light. Jika tidak ada, wajah dapat dihadapkan ke sumber cahaya ke ruangan, seperti jendela.

Lanjut Carel, sebelum memulai meke up perlu didahului dengan pemakaian produk skincare pada permukaan wajah. Seperti pelembab agar make up lebih tahan seharian.

BACA JUGA :

Jaga Kecantikan dengan Kulit yang Sehat, Ini Perawatan Rutin Wajah yang Perlu Dilakukan

Tampil Mewah dan Menarik dengan Turkish Make Up Look, Diangkat dari Tren Kecantikan ala Wanita Turki

Pada tahap awal make up , Carel menyebutkan dimulai dari foundation. Ia menyarankan, pilihlah foundation sesuai warna kulit. Foundation sebagai lapisan dasar dapat mempengaruhi hasil.

Meski begitu, Carel mengatakan, ketidaksesuaian foundation dapat diakali di tahap berikutnya. Yakni, dengan bedak padat atau bedak tabur sampai tampak padu dengan warna kulit.

"Selain itu, pemakaian contour juga bisa membantu warna make up sama dengan warna kulit," ujar penggiat kecantikan yang baru saja dianugerahi sebagai Putri Rexona 2021 ini.

Carel menyarankan agar para wanita tidak perlu takut mengeksplore make up untuk dirinya. Sebab make up dapat dihapus dan diubah sampai dirasa sudah sempurna.

"Intinya, kita harus mengenali tipe kulit. Kalau kita sudah tahu, misalnya foundation yang pertama nggak cocok, jadi berikutnya bisa pilih shade yang sesuai. Jadi pembelanjaran juga," jelas Carel.

Beauty conten creator , Carl Carel
Beauty conten creator , Carl Carel (Istimewa)

Selanjutnya ke area mata. Ia mengemukakan, poin penting pada make up adalah riasan area mata. Sebab, kesan pertama yang tertangkap pandangan orang lain adalah mata.

Area mata semakin penting selama pandemi Covid-19 karena bagian wajah tertutup masker.

"Untuk harian atau Lebaran, gunakan aja riasan mata yang soft. Natural tapi fresh," kata Carel.

Ia menyarankan bagi yang tidak begitu suka eyeshadow yang berlebihan, dapat memaksimalkan maskara dan bulu mata. Mata perlu dibuat lebih menarik. 

Dikarenakan area mata lebih fokus, maka peran softlens semakin penting. Ia menyarankan pemakaian softlens agar mata lebih menarik (eyecatching).

Untuk lipstik, meski lebih sering tertutup masker, tetapi perlu diperhatikan. Khususnya dalam pemilihan jenis lipstik. Pilihan cenderung jatuh ke lipstik matte yang lebih melekat dengan bibir.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved