Destinasi Wisata di Meranti

Revitalisasi Sentra Industri Kopi Liberika Digesa Tahun Ini, Targetkan Penuhi Pasar Malaysia

Kopi Liberika telah memiliki sertifikat Indikasi Geografis (IG) dengan pasar dominan ekspor ke negara tetangga Malaysia dan Singapura

Editor: Theo Rizky
Dok Tribun Pekanbaru
Petani sedang memanen biji Kopi Liberika di Kabupaten Kepulauan Meranti . 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, MERANTI - Pemerintah Daerah Kepulauan Meranti kembali mendapatkan angin segar peningkatan industri kopi oleh pemerintah pusat.

Untuk mendorong peningkatan kapasitas produksi kopi secara higienis tahun ini , Kementerian Perindustrian RI mengucurkan dana untuk merevitalisasi sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kopi Liberika atau kopi perisa spesial dari lahan gambut dengan total pagu yang dikucurkan sebesar Rp 3,2 milliar melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2021.

Demikian disampaikan oleh, Kasi Industri logam, Mesin Elektronika dan Aneka Kerajinan Disperindagkop-UKM Kabupaten Kepulauan Meranti Mifta SE kepada Tribunpekanbarutravel.com , Jumat (11/6/2021) siang. 

Dijelaskannya lokasi yang masuk dalam skala prioritas revitalisasi berada di Desa Kedabu Rapat Kecamatan Rangsang Pesisir, Kabupaten Kepulauan Meranti

"Kegiatan tersebut sudah mulai sejak 10 Mei 2021 lalu dengan pagu sebesar Rp 3,2 milliar. Progres pembangunan sedang dikerjakan di Desa Kedabu Rapat dengan batas akhir pengerjaan jatuh pada 30 September 2021 mendatang," ungkapnya. 

Menurutnya bentuk kegiatan revitalisasi meliputi ruang produksi, dan kantor pengelola berdasarkan usulan 2020 silam untuk 14 kelompok usaha.

Setiap kelompok menaungi 10 orang anggota seluruhnya adalah petani kopi dengan kelas impor. 

BACA JUGA :

Bupati Meranti Perintahkan Pegawai Untuk ke Kedai Kopi Jam 10.00 hingga 11.00 WIB

Raih Penghargaan Anugerah Pesona Indonesia, Ini Keistimewaan Ekowisata Pelangi di Meranti

 "Tentunya upaya ini untuk meningkatkan kapasitas produksi kopi daerah setempat secara higienis dan efisien," ungkapnya.

Upaya ini menurutnya bukan yang pertama. Seperti tahun lalu, ia membeberkan jika Pemda Meranti telah menyalurkan bantuan dalam bentuk mesin penunjang produksi, sehingga bertambahnya kapasitas produksi.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved