Tingkat Penghunian Kamar Hotel Berbintang di Riau Turun dari Bulan Sebelumnya

Tingkat Penghunian Kamar (TPK) merupakan salah satu indikator yang dapat mencerminkan tingkat produktivitas usaha jasa akomodasi.

Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Sejumlah hotel di Pekanbaru berdiri di Jalan Riau Pekanbaru 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Tingkat Penghunian Kamar (TPK) Hotel berbintang di Riau pada bulan Mei 2021 hasil pencatatan Badan Pusat Stastik (BPS) Riau sebesar 31,54 persen, turun dari bulan sebelumnya. 

Seperti diketahui TPK merupakan salah satu indikator yang dapat mencerminkan tingkat produktivitas usaha jasa akomodasi. Jika TPK besar dan cenderung mendekati 100 persen, maka dapat diartikan bahwa sebagian besar kamar laku terjual.

Kepala BPS Riau Misfaruddin mengatakan, untuk bulan Mei 2021 angka TPK hotel berbintang di Riau sebesar 31,54 persen.

"Jadi selama bulan Mei itu setiap kamar yang disediakan oleh seluruh hotel berbintang yang ada di Riau, setiap malam terjual sebanyak 31 persen hingga 32 persen dari total kamar yang ada," ujar Kepala BPS Riau, Misfaruddin kepada awak media, Senin (5/7/2021).

BACA JUGA :

Kapal Pesiar Rencananya Akan Singgahi Pulau Rupat, Gubri Pastikan Perairan Riau Aman dari Perompak

Miliki Pantai yang Memesona, Investor Lagoi Kepri Lirik Wisata Bahari Pulau Rupat Utara Bengkalis

Angka TPK tersebut jelas Misfaruddin, lebih rendah 2,29 poin dibandingkan angka TPK hotel berbintang pada bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 34,53 persen.

"Tapi jika kita lihat TPK periode yang sama pada tahun 2020 mengalami kenaikan 10,20 poin, karena bulai Mei 2020 itu TPK yang tercatat sebesar 21,34," ucapnya.

Kemudian jika dilihat dari klasifikasi bintang, TPK tertinggi pada Mei 2021 dialami oleh hotel bintang 3 yaitu sebesar 33,97 persen, sedangkan TPK terendah dialami oleh hotel bintang 1 yaitu sebesar 19,32 persen.

Sedangkan untuk rata-rata lama menginap tamu (RLMT) asing dan Indonesia pada hotel berbintang di Riau bulan Mei 2021 adalah 1,42 hari.

BACA JUGA :

Bandara SSK II Pekanbaru Siap Laksanakan Regulasi Atas Penerapan PPKM Darurat Jawa dan Bali

Dari Promo Kamar, Fitness Hingga Laundry, Grand Jatra Hotel Tawarkan Ragam Promo Asyik di Bulan Juli

"Berarti pada umumnya rata-rata lama tamu menginap, baik tamu asing maupun tamu Indonesia di hotel berbintang adalah selama 1 hingga 2 hari," ungkapnya.

Lebih jauh Misfaruddin menjelaskan, angka RLMT tamu asing yang berkunjung ke Provinsi Riau dan menginap di hotel berbintang pada Mei 2021 tercatat 5,92 hari.

"Rata-rata tamu asing yang menginap di hotel berbintang yang ada di  Riau pada bulan Mei 2021 tercatat selama 5 hingga 6 hari," ujarnya lagi

Untuk tamu Indonesia tercatat selama 1,41 hari, atau berarti rata-rata tamu Indonesia yang menginap di hotel berbintang di Riau selama 1 hingga 2 hari.

"Bila dirinci menurut kelas hotel terlihat rata-rata lama menginap tamu asing terlama pada hotel bintang 4 yaitu 12,21 hari. Dan rata-rata lama menginap tamu Indonesia yang terlama dialami oleh hotel bintang 3 yaitu 1,63 hari atau selama 1 hingga 2 hari," paparnya.

Masyarakat Antusias Kunjungi Pekan Raya Fair and Expo 2021 di Mal Pekanbaru

Penerapan PPKM Darurat di Kota Pekanbaru Masih dalam Pembahasan

Alam Mayang Tawarkan Konsep Wedding Kekinian di Pinggir Danau dengan View yang Cantik dan Sejuk

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved