Jalan Agus Salim Pekanbaru Akan Ditata, Nantinya Bisa Ditempati Pengusaha Kuliner & Industri Kreatif

Aktivitas pedagang di sepanjang Jalan Agus Salim Kota Pekanbaru jadi perhatian Pemerintah Kota Pekanbaru .

Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Petugas dari Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik Provinsi Riau dengan menggunakan kostum pahlawan super melakukan penyebaran informasi terkait cara pencegahan penyebaran Covid-19 di Pasar Jalan Agus Salim Pekanbaru beberapa waktu lalu 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Aktivitas pedagang di sepanjang Jalan Agus Salim Kota Pekanbaru jadi perhatian Pemerintah Kota Pekanbaru .

Banyak pedagang berjualan hingga nyaris memakan badan jalan.

Pedagang pun mendirikan kios liar di fasilitas trotoar. Kondisi ini membuat aktivitas pengguna jalan pun terganggu.

Pemerintah Kota Pekanbaru pun berencana segera menata kembali kawasan tersebut. Adanya penataan ini agar kawasan itu bisa lebih estetik dan efektif mendukung fungsi publik.

"Sebenarnya kawasan itu menghubungkan dua jalan protokol yakni Jalan Jendral Sudirman-Jalan Ahmad Yani," ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut, Rabu (7/7/2021).

Menurutnya, ada banyak aktivitas di sekitar jalan tersebut. Pemerintah kota pun menata kawasan itu agar lebih rapi dan berfungsi dengan baik.

BACA JUGA :

Cita Rasa yang Melegenda, Sedapnya Sate Kambing di Restoran Sate Solo Pekanbaru

Menginap di Labersa Hanya Rp 315 Ribu, Bisa Berenang Sepuasnya di Aeksimare

Ada rencana penataan dengan membagi penggunaan jalan itu memiliki tiga zona waktu. Zona pertama sesuai fungsi jalan itu sebagai tempat melintas dan pedestrian dari pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Ingot menegaskan bahwa kawasan itu harus kosong atau bebas dari pedagang. Pengendara dan masyarakat yang melintas pun bisa menggunakan ruas jalan tersebut.

Zona kedua yakni pukul 17.00 WIB hingga pukul 01.00 WIB. Pada waktu ini jalan bisa dimanfaatkan sebagai lokasi bagi pelaku UMKM.

Mereka bisa menggunakan ruas jalan ini untuk pelaku usaha kuliner dan industri kreatif. Kawasan itu jadi ruang untuk membangun perekonomian.

BACA JUGA :

Kota Pekanbaru Masuk Daerah Pengetatan PPKM Mikro, Sekda Imbau Masyarakat Tidak Panik

Kasus Covid-19 di Riau Mengalami Lonjakan, Ini Saran Ahli Epidemiologi Kepada Pemda

Zona ketiga yakni pukul 01.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB bisa digunakan oleh pedagang tradisional yang kini jualan di sana. Ia mengingatkan agar tidak ada kios liar.

Saat ini banyak kios berdiri di lokasi yang mestinya jadi pedestrian. Ia menegaskan kios itu liar dan tidak mengantongi izin dari pemerintah kota.

"Kios itu masuk bangunan yang ilegal, maka bakal kita tertibkan. Pedagang bisa mengunakan lapak yang bisa dibongkar. Jam 8 pagi sudah mesti dibongkar," terangnya.

Adanya pembagian tiga zona waktu ini diharapkan bisa jadi solusi dalam penataan kawasan Jalan Agus Salim. Ia berharap nantinya kawasan pedestrian di kawasan itu bisa dimanfaatkan.

Sempat Tidak Ada Penjualan, Kini Pasar Mobil Bekas Mulai Kembali Meningkat

Tingkat Penghunian Kamar Hotel Berbintang di Riau Turun dari Bulan Sebelumnya

Kapal Pesiar Rencananya Akan Singgahi Pulau Rupat, Gubri Pastikan Perairan Riau Aman dari Perompak

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved