Kabupaten Siak Dapat Jatah Pajak Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, Segini Besarannya

Siak merupakan kabupaten yang termasuk kawasan pembangunan Tol Trans Sumatera Ruas Pekanbaru-Dumai pada 2021 yang dibangun PT Hutama Karya

Editor: Theo Rizky
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Sejumlah Gajah Sumatera dipandu mahout atau pawang gajah melewati underpass perlintasan gajah di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai), Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Rabu (16/3/2021). 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, SIAK - Kabupaten Siak kebagian jatah pajak dari jalan tol Trans Sumatra Pekanbaru-Dumai. Besarannya mencapai Rp 8,9 miliar per tahun. 

Siak merupakan kabupaten yang termasuk kawasan pembangunan Tol Trans Sumatera Ruas Pekanbaru-Dumai pada 2021 yang dibangun PT Hutama Karya .

Jalan tol ini diresmikan 29 Sepetember 2021 lalu. Kawasan yang dilintasinya menerima pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Tol.

Hal tersebut sesuai Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) PBB-P2 Tol tersebut.

Dalam surat itu Kabupaten Siak menerima pajak dari pengelola tol lebih kurang Rp 8,9 miliar pertahunnya.

Penerimaan itu menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi kabupaten kota penerima mulai pada tahun 2021.

Pemkab Siak sangat bersyukur atas penerimaan PPB -P2 tol tersebut. Wakil Bupati Siak Husni Merza sudah menandatangani penyerahan SPPT PBB -P2 Tol trans Sumatra ruas Pekanbaru-Dumai tahun 2021, Selasa (6/7/2021) di lantai 6, kantor Walikota Pekanbaru Tenayan Raya. 

BACA JUGA :

Pengetatan PPKM Mikro di Pekanbaru Dimulai, Aktivitas Masyarakat Dibatasi Hingga 2 Minggu ke Depan

Jalan Agus Salim Pekanbaru Akan Ditata, Nantinya Bisa Ditempati Pengusaha Kuliner & Industri Kreatif

"Alhamdulillah, hari kami telah melakukan penandatanganan dan Penyerahan SPPT PBB-P2 Tol Trans Sumatera Ruas Pekanbaru-Dumai Tahun 2021. Dari PPB P2 Tol kita mendapat Rp 8,9 miliar per tahun,” kata Husni, Rabu (7/7/2021).

Ruas tol Trans Sumatra Pekanbaru -Dumai melintasi empat kabupaten kota.  Kota Pekanbaru  sepanjang 1,4 KM,Kabupaten Kampar 8,8 KM, Kabupaten Siak sepanjang 43,8 KM, Kabupaten Bengkalis 59 Km serta Kota Dumai sepanjang 16,5 KM. Jalan tol sepanjang 131,5 KM tersebut terdapat sepanjang 43,8 KM melewati wilayah Kabupaten Siak .

Menurut Husni, jarak antar kecamatan di kabupaten Siak lumayan jauh. Jalan tol telah menambah efisiensi jarak tempuh dari pusat kabupaten ke Kecamatan Minas dan Kandis.

Efisiensi itu ternyata ditambah pula dengan PAD dari PBB P2 tol.

BACA JUGA :

Kasus Covid-19 di Riau Mengalami Lonjakan, Ini Saran Ahli Epidemiologi Kepada Pemda

Sempat Tidak Ada Penjualan, Kini Pasar Mobil Bekas Mulai Kembali Meningkat

''Alhamdulillah, kita dapat satu -satunya pajak terbesar yakni Rp 8,9 miliar pertahunnya. Angka ini akan bisa bertambah sesuai dengan evaluasi hitungan seperti rest area dan pintu tol yang belum dibuka seperti pintu tol Kandis Utara,” kata Husni.

Menurut dia, pada musim pendemi saat ini, sumber pendapatan bagi daerah seperti ini sangat penting. Apalagi pemerintah daerah juga diminta untuk pemulihan ekonomi masyarakat.

"Tentu saja kita akan memanfaatkan sebaik -baiknya dana pajak jalan tol ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik di bidang pemberdayaan UMKM khususnya masyarakat yang berdampak ekonominya dari Tol Permai ini atau yang lainnya,” kata Husni Merza. 

Husni juga tidak menampik ada masyarakat yang terdampak dari pembangunan jalan tol ini. Seperti rumah makan persinggahan truk dan bus di jalan lintas Riau-Sumut, tepatnya di kecamatan Minas dan Kandis. 

“Tentu mereka perlu kita bantu agar UMKM mereka tetap bisa berjalan dengan baik. Sedangkan dampak dari dinamika pembangunan ini bukanlah fase mundur, sebab jalan tol mempunyai keuntungan yang sangat besar bagi masyarakat luas,” kata dia.

Bandara SSK II Pekanbaru Siap Laksanakan Regulasi Atas Penerapan PPKM Darurat Jawa dan Bali

Kapal Pesiar Rencananya Akan Singgahi Pulau Rupat, Gubri Pastikan Perairan Riau Aman dari Perompak

Miliki Pantai yang Memesona, Investor Lagoi Kepri Lirik Wisata Bahari Pulau Rupat Utara Bengkalis

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved