Sapi Kurban Presiden Jokowi Akan Dipotong Hari Kedua Lebaran Idhul Adha di Masjid An Nur 

Pemotongan hewan kurban milik presiden ini kemungkinan besar akan dilaksanakan pada hari kedua lebaran Idul Adha

Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
Istimewa
Sapi Limosin milik peternak di Bengkalis terpilih sebagai sapi kurban Presiden Jokowi untuk masyarakat Riau pada perayaan Idul Adha 2021. 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Sapi kurban presiden Joko widodo (Jokowi) rencananya akan disembelih di Masjid Raya An Nur Provinsi Riau. Pihak panitia sudah melakukan beberapa kali rapat untuk membahas teknis pemotongan sapi kurban presiden RI ini.

Kepala Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau, Rahmat Setyawan, Minggu (18/7/2021) mengatakan, untuk menghindari terjadinya kerumunan dan agar pemotongan sapi kurban Presiden Jokowi ini bisa maksimal, maka pihaknya bersama dengan panitia kurban Masjid Raya An Nur baru akan melaksanakan pemotongan sapi kurban jenis limosin ini pada hari kedua lebaran Idhul Adha atau, Rabu (21/7/2021).

"Kita masih menunggu kesiapan dari pengurus masjid (An Nur), memang kemarin sudah rapat, pemotongan itu akan dilaksanakan di hari kedua (Idul Adha)," kata Rahmat.

Pemotongan hewan kurban milik presiden ini kemungkinan besar akan dilaksanakan pada hari kedua lebaran Idul Adha, mengingat saat ini ada banyak sapi kurban yang akan dipotong pada hari raya haji tahun ini.

Sehingga jika dipaksakan untuk tetap dipotong pada hari H lebaran khawatir hasilnya tidak maksimal dan bisa menimbulkan kerumunan.

"Lebaran tahun ini cukup banyak hewan kurban di An Nur, ada sekitar 20 ekor, jadi untuk pemotongan sapi kurban presiden ini dilaksanakan di hari kedua, karena sesuai surat edaran dari Kementerian Agama kan memang untuk pemotongan hewan kurban itu bagusnya dilaksanakan di hari kedua, jadi bisa maksimal, baik untuk pemotongan maupun pembagian dagingnya," ujarnya.

Apalagi saat ini di tengah Pandemi Covid-19 tidak boleh ada kerumunan. Baik saat proses pemotongan, maupun saat pembagian daging kurban. Sehingga pemotongan tidak bisa dituntaskan satu hari pada hari H Idul Adha saja. Namun beberapa ekor sapi termasuk sapi kurban milik presiden akan dipotong di hari kedua lebaran.

"Saat pemotongan nanti tim kami juga akan melakukan pendampingan dan pengawasan, tim kita nanti akan hadir disana (An Nur) sekaligus monitoring pelaksanaan pemotongan hewan kurban yang ada di Pekanbaru," katanya.  

Seperti diketahui, sapi kurban presiden RI yang akan dipotong di Masjid Raya An Nur memiliki bobot seberat 891,55 kilogram.

Sapi jenis Limosin ini adalah milik peternak Riau bernama Hasan Basri dari desa Kepala Pati, Kecamatan Bengkalis , Kabupaten Bengkalis .

Sambut Idul Adha, Prime Park Hotel Hadirkan Menu Beef Tongseng

Menikah di Hotel Dafam dengan Paket Intimate Wedding, Nikmati Promo Mulai dari Rp 7 Jutaan

Beli 3 Gratis 1 Pizza di Novotel Hotel Pekanbaru, Bisa Langsung Diantar ke Rumah

MUI Pekanbaru Ingatkan Warga Kelurahan Zona Merah & Oranye Covid-19 Tidak Gelar Salat Ied di Masjid

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved