Miliki Potensi Wisata Sejarah Kerajaan, Cagar Budaya Rumah Tinggi Inhu Akan Direvitalisasi

Kabupaten Inhu memiliki potensi sejarah kerajaan yang bisa dikembangkan menjadi sektor pariwisata.

Editor: Theo Rizky
Istimewa
Bupati Indragiri Hulu (Inhu), Rezita Meylani 
TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, INHU - Sebagai generasi muda yang cinta akan sejarah dan kebudayaan melayu, Bupati Indragiri Hulu (Inhu), Rezita Meylani menunjukan keseriusannya untuk melestarikan cagar budaya di Kabupaten Inhu .
Rezita mengatakan bahwa Kabupaten Inhu memiliki potensi sejarah kerajaan yang bisa dikembangkan menjadi sektor pariwisata.
Salah satu bentuk peninggalan zaman Kerajaan Indragiri yang ada di Kabupaten Inhu adalah cagar budaya Rumah Tinggi yang ada di Kecamatan Rengat, Inhu. 
Rezita menjelaskan, status rumah tinggi sebelumnya masih dimiliki oleh ahli waris. Namun pada tahun ini, rumah tinggi tersebut sudah diserahkan oleh ahli waris dan tercatat sebagai aset daerah.
"Alhamdulillah informasi terbaru statusnya sudah berada di Pemkab Inhu, Inshaallah bisa kita lakukan pemugaran dan revitalisasi," katanya. 
BACA JUGA :
Dirinya berharap dengan pelestarian cagar budaya di Inhu, masyarakat di Kabupaten Inhu maupun masyarakat dari luar Inhu bisa semakin mengenal cagar budaya yang ada di Inhu.
"Masyarakat bisa mengunjungi dan memperkenalkan kepada generasi anak-anak muda, bahwa di daerah kita ada cagar budaya rumah tinggi yang kita harapkan ke depan bisa menjadi ikon daerah," ujar Rezita. 
Terkait proses revitalisasi rumah tinggi atau pemugaran tersebut, Tribunpekanbarutravel.com mengkonfirmasi Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Inhu, Erlina Wahyuningsih.
BACA JUGA :
Erlina mengatakan kemungkinan proses pemugaran terhadap cagar budaya rumah tinggi dapat dilakukan pada tahun 2022 mendatang. Hal ini berkenaan dengan penganggaran dan rencana perbaikan yang akan dilakukan. 
"Kita lihat dulu apa yang harus diperbaiki, mungkin lantainya atau dindingnya, baru bisa kita masukan anggaran. Kemungkinan perbaikan itu bisa dimasukan pada anggaran tahun 2022 mendatang," ujarnya.
Selain itu, Erlina mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan pemindahan aset rumah tinggi yang tercatat di Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Inhu menjadi aset Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Inhu. 
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved