Kota Pekanbaru

Ada Celah Mengaga di Jembatan Leighton Pekanbaru, Apakah Aman Dilewati? Ini Kata Dinas PU Riau

Pada bagian tengah Jembatan Leighton tersebut ada celah yang menganga disebabkan karena adanya renggangan antar segmen.

Editor: Theo Rizky
Dok Tribun Pekanbaru
Pengendara yang melintas di Jembatan Siak 1 atau jembatan Leighton Rumbai diminta untuk berhati-hati. Sebab dibagian tengah jembatan ini ada celah yang menganga disebabkan karena adanya renggangan antar segmen di jembatan tersebut, Jumat (13/8/2021) 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Pengendara yang melintas di Jembatan Siak I atau yang populer dikenal dengan nama jembatan Leighton Kota Pekanbaru diminta untuk berhati-hati.

Sebab dibagian tengah jembatan ini ada celah yang menganga disebabkan karena adanya renggangan antar segmen di jembatan tersebut.

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, petugas sudah memasang rambu peringatan yang diletakkan di dekat celah tersebut.

Sejumlah pengendara terpaksa harus mengurangi laju kendaraannya, khususnya kendaraan roda dua karena ada celah yang menganga dengan lebar lebih kurang 10 cm.

Kepala UPT 1 Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PUPRKPP) Provinsi Riau, Ardi Irfan kepada Tribunpekanbarutravel.com , Jumat (13/8/2021) mengatakan bahwa kerusakan yang terjadi di jembatan Leighton tersebut sudah dalam pemantuan pihaknya. 

Bahkan untuk perbaikan jembatan tersebut sudah dianggarkan dan akan dikerjakan tahun ini juga.

Namun untuk pengerjaanya, pihaknya masih menunggu pengadaan bahan berupa bantalan karet yang harus dipesan secara khusus.

"Itu sudah ada pemenang tendernya, untuk pengadaan bantalan karet itu tercover di tiga jembatan. Jadi bukan hanya untuk jembatan Leighton saja. Tapi ada juga untuk jembatan Maredan dan Jembatan Ukui," kata Ardi yang menaungi pemeliharaan jembatan dan jalan di wilayah Siak, Pekanbaru dan Pelalawan. 

Ardi menyampaikan, kondisi yang sama juga terjadi di jembatan Maredan (Jembatan Sultan Syarif Hasim) dan Ukui. Ketiga jembatan ini mengalami kerusakan yang sama yakni terjadi perenggangan antar segmen sehingga menimbulkan adanya celah ditengah jembatan.

"Yang di Maredan itu bahkan lebih besar lagi rengganganya, sekitar 20 cm," kata Ardi. 

Meski ada celah akibat adanya renggangan antar segmen yang terjadi di jembatan Leighton, pihaknya memastikan kondisi tersebut secara struktur tidak membahayakan. Sehingga warga yang melintas tidak perlu takut.

Namun tetap diminta untuk berhati-hati karena ada celah yang berlubang. 

"Kalau secara struktur kami pastikan itu tidak ada masalah, dan tidak membahayakan, karena itukan renggangan antar segmen saja, tapi dari segi kenyamanan pengendara yang melintasi jembatan itu memang agak sedikit kurang nyaman, jadi harus berhati-hati, terutama kendaraan roda dua, apalagi sepeda," ujarnya.

Ardi menjelaskan, perbaikan renggangan yang terjadi saat ini merupakan perbaikan sekala kecil atau minor.

Sebab kerusakan yang terjadi hanya dibagian dari komponen asesoris  jembatan yang dipasang untuk memberikan kenyamanan pemakai dan membuat umur jembatan lebih panjang.

Jadi bukan kerusakan  pada bagian struktur.

"Itu masuk ke kategori asesoris jembatan, bukan penanganan struktur, karena hanya bantalannya saja yang rusak. Kalau kita ibaratkan mobil, itu bempernya saja, bukan bodi mobilnya," ujar Ardi. 

Viral Polwan Marahi Bhabinkamtibmas Saat Penyekatan di Pekanbaru, ini Kata Dirlantas Polda Riau

Warga Mengeluh, Penyekatan Jalan di Pekanbaru Sebabkan Macet Panjang

Covid-19 Varian Delta Ditemukan di Riau, Kepala Daerah Sepakat Lakukan Penyekatan di Perbatasan Riau

Malam Pertama PPKM Level 4 Lanjutan, Dua Pengelola Warnet Didenda Karena Abaikan Prokes

Kabar Gembira, Denda Pajak Kendaraan Bermotor Warga Riau Diputihkan Hingga 9 November Mendatang

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved