Keren, Pria Asal Panam Pekanbaru Ini Bikin Mobil Balap Sendiri, Diberi Nama Laphon 156

Kecintaannya terhadap dunia balap memunculkan ide untuk membuat desain mobil sendiri dengan nama Laphon 156 .

Editor: Theo Rizky
Istimewa
Pria asal Panam, Kota Pekanbaru Riau, Ibnu Khaldun membuat desain mobil sendiri dengan nama Laphon 156 . 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Kecintaannya terhadap dunia balap memunculkan ide ingin membuat mobil balap sendiri di rumah.

Ibnu Khaldun namanya, pria asal Panam, Kota Pekanbaru Riau ini membuat desain mobil sendiri dengan nama Laphon 156 .

Corak mobil balap dengan warna merah bagian depan, dan putih bagian belakang, seakan melambangkan bendera Republik Indonesia 

Mobil itu gagah berdiri di bengkel Ibnu Khaldun yang berada di Jalan Saudara, Simpang Panam, Tuah Karya. 

Dikatakan Ibnu, awalnya ia mencoba membuat replika mobil balap F1. Namun ditengah perjalanan, ia kepikiran untuk membuat desain sendiri, apalagi dengan apa yang dibuat tersebut cukup memuaskan walau belum tuntas saat itu. 

"Saya dari dulu memang hobi dunia balap, seperti F1, MotoGP dan lainnya. Kemudian muncul rasa ingin punya mobil seperti itu. Karena gak mungkin, maka saya coba bangun sendiri. Awalnya saya bangun replika mobil F1 McLaren Mp4/5 Jadul, tapi di tengah jalan saya sadar, bahwa saya bisa bangun mobil custom, maka timbul ide untuk menggunakan desain saya sendiri, tanpa harus jiplak atau buat replika model yang ada seperti Lamborghini, Ferrari atau yang lain, kebetulan saya memang hobi menggambar," kata Ibnu beberapa waktu lalu. 

Melihat potensi dan antusias pasar yang cukup menjanjikan, Ibnu melihat hobinya itu berpeluang menjadi bisnis, maka dari itu ia kemudian menekuni projectnya, dan memberi nama Laphon 156

Hingga saat ini project tersebut sudah berjalan sekitar 60 persen. Ibnu mengerjakan garapan itu sendiri. Namun untuk pengerjaan finishing nantinya, dikatakan Ibnu ia akan berkolaborasi dengan pakar yang sudah berpengalaman, untuk menyempurnakan projectnya. 

BACA JUGA :

Seluruh Body Mobil Dilapisi Stiker, Modifikasi Sigra Ini Menangkan Kontes Kategori The Best Printing

Cegah Kebocoran Arus Listrik Mobil dengan Sky Power Grounding Cable

"Sudah 60 persen. Sejauh ini saya kerjakan sendiri. Tapi nanti kalau ada yang suka dengan desain Laphon 156 , baru kita libatkan yang benar benar berpengalaman dan ahli, seperti bengkel-bengkel modifikasi Pekanbaru yang sudah malang melintang di dunia modifikasi," ujar alumni Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau angkatan 2014 ini. 

Untuk proses pengerjaan Laphon 156 dikatakan Ibnu dari awal didahulukan bodinya, dari ide ke gambar tangan, kemudian ditransfer ke ms paint, lalu dilanjutkan transfer ke coreldraw, kemudian pemotongan pola dengan cnc laser, baru kemudian disambung dan dirapikan. 

"Sedangkan kalau untuk bahan-bahan tidak sulit sama sekali, karena memang kita juga memakai komponen mobil yang sudah ada," ujarnya. 

Ditanya soal biaya, dikatakan Ibnu memang butuh dana yang tidak sedikit untuk pembuatannya. Namun bagi yang paham dunia modifikasi mobil menurutnya tidak terlalu mahal. 

"Kalau untuk biaya juga sudah tentu cukup besar, tapi tidak terlalu mahal bagi yang paham dan mengerti dunia modifikasi khususnya mobil," katanya lagi.

Pria yang pernah kerja di bengkel mobil ini belajar otodidak untuk menggarap project tersebut dengan melihat youtube luar negeri, yang menurutnya cukup banyak yang bisa dipelajari disana. 

"Saya pernah bekerja di bengkel, tapi ilmu yang saya dapat dipelajari kebanyakan referensi dari blog-blog otomotif luar, youtube orang luar negeri. Yang semuanya lengkap, dari hal desain, estetika, sampai ke aero dinamika. Channel orang sana memang the best dan banyak yang bisa dipelajari," tuturnya.

Bayar Pajak Mobil dan Motor di Pekanbaru Kini Semakin Mudah Lewat Samsat Drive Thru

Kabar Gembira, Denda Pajak Kendaraan Bermotor Warga Riau Diputihkan Hingga 9 November Mendatang

Restorasi Mobil Mercedes Benz W115 Tahun 1971, Sulitnya Berburu Onderdil Bawaan Pabrik

Miliki Bodi Lebar dan Suara Gahar Menggelegar, Mobil Klasik Holden Bikin Pemiliknya Berkesan Macho

PPnBM Nol Persen Berikan Dampak Positif, Ribuan Unit Mobil Toyota Berhasil Terjual di Riau

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved