Kisah di Balik Monumen Pengibaran Bendera Pertama di Pulau Bengkalis, Begini Kondisinya Sekarang

Bukan tanpa perjuangan, pengibaran bendera Indonesia pertama kali di Pulau ini ternyata melalui pertumpahan darah.

Editor: Theo Rizky
Istimewa
Lokasi pengibaran bendera merah putih pertama di Pulau Bengkalis, Lokasi tersebut kini dinamakan Lapangan Tugu Bengkalis . 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, BENGKALIS - Pulau Bengkalis Provinsi Riau punya cerita sendiri pada Kemerdekaan Republik Indonesia . Meskipun Indonesia Merdeka pada 17 Agustus 1945, ternyata di Pulau Bengkalis informasi Kemerdekaan Republik ini sampai sedikit terlambat.

Masyarakat Bengkalis baru tahu Indonesia menyatakan kemerdekaannya dari penjajah dua bulan setelah Ir Soekarno membacakan kemerdekaan Indonesia di Jalan Pengangsaan Timur Jakarta.

Bahkan masyarakat pulau Bengkalis masih harus berjuang dahulu sebelum mengibarkan bendera merah putih di tanah gambut ini.

Bendera Merah Putih resmi berkibar 17 Oktober 1945 di Bengkalis. Sebelum berkibar, pemuda di Bengkalis terlebih dahulu harus mengusir penjajah baru yakni tentara Cina dari Malaysia yang mencoba ingin menguasai Bengkalis saat mengetahui Jepang sudah menyerah pada sekutu.

Pengibaran bendera dilaksanakan di sebuah lapangan hijau yang saat ini bernama Lapangan Tugu Bengkalis .

Lapangan saat ini berada tepat di jantung Kota Bengkalis antara persimpangan Jalan Sudirman dan Jalan Ahmad Yani Bengkalis.

Guna mengingat momen pengibaran bendera merah putih pertama di Bengkalis , Pemerintah Bengkalis membangunkan tugu kemerdekaan di lapangan tersebut.

Sejak saat itulah lapangan yang dijadikan tempat memperingati detik-detik kemerdekaan dinamakan lapangan tugu.

Namun sayang, saat ini tugu tersebut tidak terlalu terlihat keberadaannya.

Pasalnya tugu kemerdekaan tertutup oleh podium utama lapangan. Posisinya tepat di depan pintu masuk bagian belakang podium lapangan.

Yulistar (53) satu di antara warga Bengkalis yang sudah puluhan tahun tinggal di Pulau Bengkalis samar-samar mengetahui keberadaan tugu tersebut.

Pria yang sudah tinggal di Pulau Bengkalis sejak SMP ini mengatakan bahwa ia awalnya hanya tahu nama lapangan yang ada di tengah kota ini bernama Lapangan Tugu .

"Kita taunya lapangan ini namanya Lapangan Tugu . Tapi asal muasal namanya Lapangan Tugu kita tidak tahu pasti simpang siur," ujar Yulistar.

Menurut Yulistar, mungkin orang-orang dahulu yang hidup dari zaman awal kemerdekaan yang tau pasti nama lapangan ini bisa menjadi Lapangan Tugu .

Masyarakat Bengkalis saat ini minim informasi mengapa lapangan tugu ini dinamakan seperti itu.

"Pemerintah juga kurang memberikan informasi yang jelas soal sejarah Lapangan Tugu di Bengkalis ini," terang Yulista.

Yulistar menjelaskan dirinya memang sempat mendengar sekilas cerita tentang lapangan tugu ini. 

Namun hanya sekilas dari orang orang tua dahulunya, sementara dari sumber resmi seperti pemerintah sama sekali belum pernah mendengar.

"Kalau memang benar seperti diceritakan orang tua dulu, seharusnya Pemerintah Bengkalis lebih mempublikasikan lagi. Karena ini termasuk ikon Bengkalis yang memiliki nilai sejarah," katanya lagi.

Sejarah seperti ini harusnya dijaga pemerintah dan dipublikasikan dengan baik. Sehingga masyarakat Bengkalis dari dalam maupun luar serta generasi muda Bengkalis tahu sejarahnya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved