Mulai Dibangun, Dumai Islamic Center Rencananya Akan Jadi Pusat Dakwah & Pemberdayaan Ekonomi Umat

Pembangunan Dumai Islamic Center dilakukan untuk meningkatkan pembangunan Kota Dumai sekaligus ‎menjadi Icon Kota Dumai .

Editor: Theo Rizky
Istimewa
Rencana tampilan Dumai islamic center 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Pemerintah Kota Dumai sudah mulai melakukan pembangunan Dumai Islamic Center .

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pembangunan Kota Dumai sekaligus ‎menjadi Icon Kota Dumai .

‎Pembangunan Dumai Islamic Center ini, dimulai pada Masjid Habiburrahman, yang sudah mulai dibongkar, dan akan segera di bangunkan Dumai Islamic Center

Pembangunan Dumai Islamic Center yang terletak di Jalan Soebrantas ini, ke depan akan dijadikan ‎pusat Dakwah dan perekonomian umat , serta menjadikannya sebagai pusat pendidikan agama islam, UMKM dan lainnya. 

Walikota Dumai Paisal mengatakan bahwa pemerintah Kota Dumai telah mulai pembangunan Dumai Islamic Centre  yang nantinya akan menjadi salah satu icon Kota Dumai

Ia menambahkan, pembangunan Dumai Islamic Center yang sudah direncanakan tersebut  diawali dengan membongkar dan merobohkan Bangunan Masjid Habiburahman yang terletak di Jalan Soebrantas.

"Masjid Habiburrahman merupakan mesjid yang dibangun oleh sebuah yayasan yang bernama Yayasan Amal Bakti Muslim Pancasila dan memang bukan aset milik Pemerintah Kota Dumai, dan saat ini, pembongkaran dan perobohan Masjid Habiburahman sudah melalui proses dan telah mendapat persetujuan dari pihak yayasan," katanya, kepada Tribunpekanbarutravel.com , Minggu (22/8/2021).

Dijelaskannya, struktur bangunan yang masih bisa dimanfaatkan seperti  kusen jendela dan pintu, stainless Kubah tulisan Allah serta pagar halaman diserahkan ke Yayasan, karena akan dipindahkan ke Batam, dan dibangun kembali dilahan milik Yayasan Amal Bakti Muslim Pancasila.

Paisal menerangkan, untuk tahap pertama ini ini pembangunan melalui CSR perusahaan dan sumbangan masyarakat, tahun depan akan diselesaikan melalui APBD.

"Insaallah pembangunan Dumai  Islamic Center ini akan selesai dua tahun, mulai  2021 dan 2022 dengan Estimasi anggaran  lebih kurang 50 M," katanya.

‎Menurutnya dengan adanya icon ini, bisa menambah daya tarik bagi para pelancong baik domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke Dumai, tak hanya itu, pembangunan  tersebut juga akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan juga daerah.

"Konsepnya Perpaduan Masjid Nabawi dan Masjid Turkey semoga saja nanti Dumai Islamic Center ini, bisa menjadi kebanggaan masyarakat Dumai," terangnya.

Paisal berharap, ‎sekaligus memohon doa kepada seluruh masyarakat Kota Dumai, ke depan, dengan terealisasinya pembangunan Islamic Center , tentunya akan menambah kenyamanan masyarakat Dumai dalam beribadah.

"Untuk Masyarakat Kota Dumai mohon doanya agar pembangunan dapat berjalan lancar dan bagi yang berinfak silahkan menghubungi Panitia Pembangunan Dumai Islamic Center ," katanya.

Dumai Akan Memiliki Masjid Terapung di Kawasan Wisata Eco Park Pantai Marina Teluk Makmur

Asyiknya Ngopi di Cafe Redam Piloe Bandar Bakau Dumai, Pilu dan Penat Sirna Seketika

Semah Kampung, Tradisi Tolak Bala Warga Dumai yang Masih Lestari Hingga Kini

Majid Baiturrahman Syech Umar, Masjid Bersejarah di Dumai, Dibangun 5 Tahun Setelah Kemerdekaan RI

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved