Destinasi Wisata di Kampar

Kampung Patin Desa Wisata Koto Mesjid Kampar Riau Lolos 50 Besar ADWI 2021, Ini Keistimewaannya

Desa Wisata Koto Mesjid di Kabupaten Kampar Provinsi Riau berhasil masuk dalam 50 besar tahap kurasi lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
Istimewa/Dok STP Riau
Desa Wisata Koto Mesjid atau yang lebih dikenal Kampung Patin di Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar Riau. 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, KAMPAR - Desa Wisata Koto Mesjid di Kabupaten Kampar Provinsi Riau berhasil masuk dalam 50 besar tahap kurasi lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia ( ADWI ) 2021 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Desa Wisata Koto Mesjid juga menjadi salah satu desa asal Riau yang berhasil menembus 50 besar ajang tersebut, sebelumnya ada 1.831 desa yang mendaftar dari seluruh Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno, melalui official YouTube Kemenparekraf, Senin, (23/8/2021), mengatakan , Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 ini adalah upaya mewujudkan wisata berkelas dunia, berdaya saing dan bekelanjutan dengan tujuan Indonesia Bangkit.

Dijelaskan Sandiaga, ada tujuh kriteria yang menjadi penilaian dalam ajang tersebut, yaitu penerapan CHSE (cleanliness, health, safety, and environmental sustainability), desa digital, suvenir (kuliner, fesyen, kriya), daya tarik wisata (alam, budaya, buatan), konten kreatif, homestay, dan toilet.

Desa wisata Koto Mesjid atau yang lebih dikenal Kampung Patin terletak, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar Riau.

Desa wisata ini dibawah binaan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Riau bekerjasama dengan pemerintah dan sejumlah perusahaan, semenjak tahun 2019.

Desa Wisata Koto Mesjid atau yang lebih dikenal Kampung Patin di Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar Riau.
Desa Wisata Koto Mesjid atau yang lebih dikenal Kampung Patin di Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar Riau. (Istimewa/Dok STP Riau)

Disampaikan Ketua STP Riau, Dr Ir Eni Sumiarsih, MSc, Pariwisata unggulan Desa Wisata Kampung Patin terletak pada sektor UMKM.

"Produk olahan ikan patin yang paling terkenal yaitu, ikan salai patin. Wisata alam yang menjadi andalan yaitu puncak kompe, sungai gagak dan lembah aman," katanya secara tertulis,  Senin (23/8/2021).

Tidak hanya itu, Dr Eni menuturkan, di Desa Wisata Kampung Patin juga telah tersedia fasilitas untuk menginap yaitu homestay dan fasilitas kuliner yang dapat dinikmati oleh para wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Kampung Patin .

BACA JUGA :

Melihat Kampung Patin di Desa Koto Mesjid Kampar, Tiap Rumah Ada Kolam Ikan

Masjid Jami Air Tiris, Masjid Tertua di Kampar yang Punya Cerita Magis

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved