Menggunakan Desain Masjid Nabawi & Turki, Pembangunan Dumai Islamic Center R‎esmi Dimulai

Pembangunan Dumai Islamic Center (DIC) resmi dimulai, bangunan ini nantinya akan menjadi ikon Kota Dumai yang terbaru. 

Editor: Theo Rizky
Istimewa
Rencana tampilan Dumai islamic center 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - ‎Pembangunan Dumai Islamic Center (DIC) resmi dimulai, bangunan ini nantinya akan menjadi ikon Kota Dumai yang terbaru. 

Pembangunan Dumai Islamic Center yang terletak di Jalan Soebrantas ini ke depan akan dijadikan ‎pusat dakwah, dan perekonomian umat serta menjadikannya sebagai pusat pendidikan agama islam, UMKM dan lainnya.

Pembangunan Dumai Islamic Center ini ditandai saat Walikota Dumai Paisal bersama tamu undangan memencet tombol sirine dalam acara Ground Breaking Ceremony pembangunan Dumai Islamic Center di lapangan DIC Jalan HR Subrantas Dumai, Jumat (27/8/2021).

Setelah kegiatan Ground Breaking Ceremony , Paisal mengajak seluruh lapisan masyarakat di Jumat yang penuh berkah ini, untuk mendukung pembangunan DIC termasuk ASN agar memberikan informasi dan mengajak masyarakat mendukung pembangunan DIC.

Ia menambahkan, sebelum Ground Breaking Ceremony ini, Pemerintah sudah mendapatkan izin dari Yayasan, secara adminisitrasi  tidak ada masalah. 

" Dumai Islamic Center bukan punya Paisal, Dumai Islamic Center punya masyarakat Dumai. Kami hanya ingin membangun Dumai, menjadi lebih baik lagi dan mewujudkan keinginan masyarakat agar Dumai punya DIC sebagai ikon Dumai," katanya.

Dijelaskanya, Pembangunan DIC menggunakan desain Masjid Nabawi dan Turki dengan target pembangunan 2 tahun anggaran yakni,  2022-2023. 

Paisal menjelaskan, untuk pembangunan Dumai Islamic Center , anggaran yang dibutuhkan hingga selesai diperkirakan  Rp 65 miliar, anggarannya bersumber dari APBD Dumai sebesar Rp 30 miliar melalui APBD 2022 dan 2023. 

BACA JUGA :

Semah Kampung, Tradisi Tolak Bala Warga Dumai yang Masih Lestari Hingga Kini

Tak Lekang Oleh Waktu, Bolu Kemojo Masih Menjadi Favorit Masyarakat Dumai di Bulan Ramadan

"Di tahap awal ini kita gunakan dana CSR Perusahaan di Dumai dan sumbangan masyarakat, dan ini juga melibatkan Tim TJSP kota Dumai," jelasnya. ‎

Diakuinya, Perusahaan yang sudah komitmen membantu pembangunan DIC, sebanyak 30 perusahaan, dan sudah ada dua perusahaan menyalurkan bantuan sebesar Rp 2 Miliar.

Ia menegaskan, sebagai bentuk pertanggungjawaban dan transparansi, laporan keuangan dan progres pembangunan DIC akan disampaikan melalui online maupun offline.

"Semoga bantuan yang diberikan menjadi amal jariah dan mendapatkan balasan pahala dari Allah SWT, dan saya yakin Dumai Islamic center akan menjadi Ikon Dumai, dan juga kebanggaan masyarakat Dumai," ucapnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia Pembangunan DIC, Eri Makmur menambahkan, lahan untuk pembangunan DIC ini seluar 3,5 Hektare, Pembangunan ini akan terwujud jika mendapat dukungan dari pemerintah, perusahaan dan masyarakat Dumai.

"Seperti yang disampaikan walikota tadi, sebagai bentuk pertanggungjawaban kami, Kami juga akan mempublikasikan neraca keuangan dan perkembangan pembangunan melalui online dan offline kami juga akan membuat website agar diakses masyarakat secara luas didalamnya lengkap dengan laporan keuangan," pungkasnya.

Dumai Akan Memiliki Masjid Terapung di Kawasan Wisata Eco Park Pantai Marina Teluk Makmur

Mulai Dibangun, Dumai Islamic Center Rencananya Akan Jadi Pusat Dakwah & Pemberdayaan Ekonomi Umat

Asyiknya Ngopi di Cafe Redam Piloe Bandar Bakau Dumai, Pilu dan Penat Sirna Seketika

Pembangunan Kawasan Janur Kuning Digesa, Bakal Jadi Pusat Wisata Kuliner di Dumai

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved