Balai Anak Rumbai Buka Dapur Umum Covid di Pekanbaru & Berikan Bantuan untuk Korban Banjir di Kampar

Dapur Umum tersebut menyediakan nasi kotak yang dilaksanakan mulai hari Kamis tanggal 2 September 2021

Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
Istimewa
Dalam rangka memberikan dukungan kepada masyarakat yang terdampak dan terpapar Covid-19 selama masa PPKM, Balai "Rumbai" di Pekanbaru bersama Tagana Provinsi Riau membuka Dapur Umum, Kamis (2/9/2021) 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Tingginya kasus suspek dan konfirmasi Covid19 di Provinsi Riau khususnya Kota Pekanbaru yang terus terjadi membawa dampak yang cukup signifikan bagi seluruh lapisan masyarakat. Menghadapi kondisi ini, Pemerintah Kota Pekanbaru menerbitkan Surat Edaran PPKM Level 4 pada 26 Juli 2021 dan mengalami beberapa kali perpanjangan status PPKM Level 4 sampai dengan hari ini. 

Dalam rangka memberikan dukungan kepada  masyarakat yang terdampak dan terpapar Covid-19 selama masa PPKM, Balai "Rumbai" di Pekanbaru bersama Tagana Provinsi Riau membuka Dapur Umum,  Kamis (2/9/2021) 

Pendirian Dapur Umum ini dilaksanakan sesuai arahan Menteri Sosial Tri Rismaharini yang menginstruksikan Kementerian Sosial RI untuk mendirikan dapur umum sebagai layanan tanggap darurat pandemi Covid-19 di Pekanbaru.

Dapur Umum tersebut menyediakan nasi kotak yang dilaksanakan mulai hari Kamis tanggal 2 September di Jalan Khayangan No.160 Meranti Pandak, Rumbai, Pekanbaru. Operasional Dapur Umum melibatkan seluruh ASN Balai “Rumbai” Pekanbaru dan Tagana Provinsi Riau. Pagi ini Dapur Umum menyediakan 250 paket nasi kotak dengan menu berisi nasi, daging ayam, sayur tumis, buah pisang, sambal, kerupuk, dan air mineral.

“Hari ini kita menyalurkan total 250 paket nasi kotak, kami salurkan kepada masyarakat yang terdampak akibat Covid-19 juga masyarakat yang sedang menjalani isoman di Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru, Riau,” Ujar Ahmad Subarkah Kepala Balai “Rumbai” Pekanbaru

Distribusi paket nasi kotak didasarkan pada data yang diterima dari Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Pekanbaru. Pendistribusian paket nasi juga bekerja sama dengan Posko TNI, sebanyak 100 paket nasi kota didistribusikan melalui TNI dan 150 paket lainnya didistribusikan tim Balai “Rumbai” Pekanbaru bersama Tagana di Kecamatan Rumbai, Pekanbaru.

Dapur Umum ini masih akan terus berlanjut untuk beberapa hari kedepan. Ahmad Subarkah menyampaikan bahwa Dapur Umum akan dibuka sampai dengan waktu yang belum ditentukan, "kita akan memperhatikan situasi dan kondisi pandemic Covid-19 di Pekanbaru. Yang jelas, Dapur Umum akan terus beroperasional setiap harinya memberikan dukungan dan bantuan nutrisi kepada masyarakat yang membutuhkan," katanya. 

Selain itu, Balai "Rumbai" di Pekanbaru juga melakukan respon kedaruratan bencana banjir bandang dan berikan bantuan ATENSI (Asistensi Rehabilitasi Sosial) di Desa Ludai Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Jumat (3/9/2021).

Petugas didampingi Sakti Peksos dan Pendamping PKH Kabupaten Kampar langsung turun ke lokasi dan melihat langsung kondisi pasca banjar.

Hujan Deras pada Senin, 30 Agustus 2021 menyebabkan banjir yang terjadi di tengah malam disaat warga Desa Ludai sebagian besar sudah terlelap tidur.

Desa Ludai adalah desa yang berada di sisi Sungai Bio yang jarak tempuhnya 5 hingga 6 jam perjalanan dari Kota Pekanbaru. Transportasi menuju desa adalah menggunakan mobil dan dilanjutkan dengan perahu/sampan bermesin robin.

Balai "Rumbai" di Pekanbaru memberikan bantuan ATENSI berupa baby kit sebanyak 40 paket dan family kit 42 paket sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan darurat bagi anak dan keluarga dalam situasi kebencanaan.

Kepala Balai, Ahmad Subarkah yang dalam hal ini diwakili oleh Pekerja Sosial, Suyono berpesan dan memberikan motivasi serta penguatan kepada anak dan keluarga yang menjadi korban banjir untuk dapat lebih sabar dan semangat dalam menjalani kehidupan sehari-hari pasca banjir.

Masyarakat sangat bersyukur atas perhatian, bantuan, dan kepedulian dari Balai "Rumbai" di Pekanbaru karena wilayah mereka termasuk wilayah terpencil bahkan sarana listrik belum sampai di wilayah mereka dan transportasi sangat terbatas. 

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar, Yusri dan Kepala Dinas Sosial, Muhammad yang pada saat itu juga hadir di Desa Ludai

"Terima kasih kami ucapkan kepada Kementerian Sosial melalui Balai "Rumbai" di Pekanbaru yang turun langsung dan memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekitar bencana, semoga berkah dan bermanfaat," katanya. 

Sementara itu, Kepala Desa Ludai, Firdaus mewakili masyarakat Desa Ludai sangat terharu karena adanya perhatian dan bantuan yang diberikan terutama untuk anak anak desa mereka. "Semoga Balai "Rumbai" selalu peduli dan cepat tanggap dalam menghadapi permasalahan yang terjadi," ujar Firdaus.

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved