Rumah Kapitan Oey I Tam di Bagansiapiapi Rohil, Perpaduan Budaya Tionghoa-Melayu yang Sarat Sejarah

Kota Bagansiapiapi, Kabupaten Rohil Riau merupakan kota yang penuh dengan peninggalan sejarah, satu di antaranya adalah Rumah Kapitan Oey I Tam

Editor: Theo Rizky
Dok Tribun Pekanbaru
Rumah Kapitan Oei Hi Tam yang berlokasi di pertengahan tiga jalan yakni jalan Sumatera, Jalan Pahlawan, dan jalan Mawar Kota Bagansiapiapi , Rohil , Riau 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, ROHIL - Kota Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir , Provinsi Riau merupakan kota yang penuh dengan peninggalan sejarah. 

Satu peninggalan sejarah yang khas di sana adalah Rumah Kapitan Ng (Oey) I Tam yang berlokasi di pertengahan tiga jalan yakni jalan Sumatera, Jalan Pahlawan, dan jalan Mawar Kota Bagansiapiapi .

Jaraknya sekitar 25 meter dari belakang kelenteng Ing Hok Kiong . Hanya berjalan sebentar di sebuah gang kecil, bangunan itu sudah bisa dilihat.

Saat Tribun berkunjung ke sana, kondisi rumah masih berdiri dengan corak kental bangunan lama dengan struktur kayu.

Walaupun demikian tidak dapat dipungkiri kondisi bangunan tampak sudah tua dan bagian pondasi bawah nampak mulai keropos.

Secara umum bangunan memiliki arsitektur Tionghoa namun dibangun dengan struktur kayu dengan pondasi rumah panggung yang bercorak Melayu khususnya daerah pesisir.

Keunikan tersebut membuat Rumah Kapitan memiliki nilai budaya perpaduan arsitektur tradisional Tionghoa dan Melayu.

BACA JUGA :

Indahnya Objek Wisata Batu Gajah Rokan Hulu

Pesona Suligi Hill di Kabupaten Rokan Hulu, Seperti Negeri di Atas Awan

Karena sejarah dan keunikannya , Rumah Kapitan ini kerap dikunjungi wisatawan hingga kini.

Dari luar juga tampak piano kuno yang dibuat tahun 1920 produksi Zeitter and Winkelmaan dari kota Braunscweig.

Selain itu di dalam rumah juga ada peninggalan Kapitan lainnya seperti tempat tidur, foto-foto maupun patung.

Rumah Kapitan Oei Hi Tam yang berlokasi di pertengahan tiga jalan yakni jalan Sumatera, Jalan Pahlawan, dan jalan Mawar Kota Bagansiapiapi , Rohil , Riau
Rumah Kapitan Oei Hi Tam yang berlokasi di pertengahan tiga jalan yakni jalan Sumatera, Jalan Pahlawan, dan jalan Mawar Kota Bagansiapiapi , Rohil , Riau (Dok Tribun Pekanbaru)

Dirangkum dari berbagai sumber, bangunan kuno ini dibangun pada abad ke-18 dan memiliki sejarah penting khususnya menyangkut sistem kekuasaan Opsir (Kapitan) Tionghoa semasa berkuasa di Bagansiapiapi .

Seorang warga di sana bernama Afrizal (40) yang ditemui di lokasi menyebut bahwa bangunan dengan corak tradisional Tionghoa dan Melayu ini memberikan kesan tersendiri bagi orang yang melihat. 

Makanya, saat ada keluarga maupun kenalan yang berkunjung di kota Bagansiapiapi , dia  akan merekomendasi situs sejarah tersebut.

"Ini bangunan sejarah yang unik dengan perpaduan identitas masyarakat yang umum di sini," katanya, Minggu (5/9/2021).

Afrizal juga mengatakan dengan adanya bangunan ini telah menjadikan simbol kerukunan masyarakat di Negeri Seribu Kubah tersebut.

Ia berharap, bangunan rumah Kapitan Oey I Tam tersebut dapat tetap dirawat dan dilestarikan agar masyarakat Riau mengetahui sejarah yang ada di daerah tersebut.

Rumah Kapitan sendiri dibangun oleh Kapitan Cina pertama di Bagansiapiapi sekitar akhir abad ke-19.  Oey I Tam saat itu ditunjuk menjadi Kapitan dan rumahnya menjadi saksi kejayaan Bagansiapiapi masa itu.

( Tribunpekanbarutravel.com )

Menara 99 Meter Bakal Hiasi Dumai Islamic Center

Masuk 300 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, Ini Keistimewaan Pantai teluk Rhu Bengkalis

Kue Malako Kuah, Makanan Khas Masyarakat Melayu Rokan Sejak Zaman Raja-raja Terdahulu

Terus Berinovasi, Kain Tenun Lejo Putri Emas Bengkalis Beromzet Rp 150 Juta Perbulan

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved