Tingkat Hunian Hotel Berbintang di Pekanbaru Meningkat, Ini Rinciannya

TPK merupakan salah satu indikator yang dapat mencerminkan tingkat produktivitas usaha jasa akomodasi

Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Suasana kamar hotel di Pekanbaru beberapa waktu lalu. 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Okupansi hotel berbintang di Kota Pekanbaru pada bulan Juli 2021 mencapai 34,42 persen, meningkat 1,02 persen dari bulan Juni 2021.

Hal itu berdasarkan dari hasil pencatatan Badan Pusat Statistik (BPS) Riau. 

Kepala BPS Riau Misfaruddin mengatakan dari angka tersebut berarti Tingkat Penghunian Kamar (TPK) atau okupansi hotel berbintang di Riau selama bulan Juli 2021 setiap malamnya terisi sekitar 34 sampai 35 persen dari total kamar tersedia.

"Jadi angka TPK itu lebih tinggi 1,02 persen dibandingkan angka TPK hotel berbintang pada bulan sebelumnya sebesar 33,40 persen," ujar Misfaruddin kepada awak media, Rabu (8/9/2021)

Tapi jika dilihat TPK periode yang sama pada tahun 2020 tambah Misfaruddin, mengalami kenaikan sebesar 5,38 persen, karena pada bulan Juli 2020 itu TPK tercatat sebesar 29,04 persen.

Sedangkan dari klasifikasi bintang kata Misfaruddin lagi, TPK tertinggi pada Juli 2021 dialami oleh hotel bintang 5 yaitu sebesar 40,10 persen, sedangkan TPK terendah dialami oleh hotel bintang 1 yaitu sebesar 16,75 persen

Sementara itu, untuk Rata-rata Lama Menginap Tamu (RLMT) asing dan Indonesia pada hotel berbintang di Provinsi Riau bulan Juli 2021 adalah 1,88 hari.

"Ini berarti pada umumnya rata-rata lama tamu menginap, baik tamu asing maupun tamu Indonesia di hotel berbintang adalah selama 1 hingga 2 hari," ucapnya.

Angka RLMT tamu asing yang berkunjung ke Provinsi Riau dan menginap di hotel berbintang pada Juli 2021 tercatat 4,21 hari.

"Hal ini diartikan rata-rata tamu asing yang menginap di hotel berbintang yang ada di Provinsi Riau pada bulan Juli 2021 tercatat selama 4 hingga 5 hari, sedangkan untuk tamu Indonesia tercatat selama 1,87 hari, atau berarti rata-rata tamu Indonesia yang menginap di hotel berbintang di Provinsi Riau selama 1 hingga 2 hari," ungkapnya.

Bila dirinci menurut kelas hotel jelas Misfaruddin, terlihat rata-rata lama menginap tamu asing terlama pada hotel bintang 4 yaitu 6,31 hari.

"Sedangkan, rata-rata lama menginap tamu Indonesia yang terlama dialami oleh hotel bintang 5 yaitu 2,53 hari atau selama 2 sampai 3 hari," ujar Misfaruddin.

Sebagai informasi TPK merupakan salah satu indikator yang dapat mencerminkan tingkat produktivitas usaha jasa akomodasi. Jika TPK besar dan cenderung mendekati 100 persen, maka dapat diartikan bahwa sebagian besar kamar laku terjual. 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved