Jangan Kaget, Kini Parkir di Toko Ritel Berbayar, Ini Penjelasan Wako Pekanbaru

Sejumlah pengguna layanan parkir di Kota Pekanbaru mengeluhkan kebijakan baru parkir tepi jalan. Mereka harus membayar layanan jasa parkir di ritel.

Editor: Theo Rizky
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Juru parkir di Kota Pekanbaru beberapa waktu lalu 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Sejumlah pengguna layanan parkir di Kota Pekanbaru mengeluhkan kebijakan baru parkir tepi jalan.

Mereka harus membayar layanan jasa parkir di ritel.

Padahal sebelumnya masyarakat tidak membayar saat parkir di ritel. Kebijakan ini seiring alih kelola parkir sejumlah ruas jalan sejak September 2021 ini.

Walikota Pekanbaru Firdaus menyebut bahwa awalnya ritel memberi layanan kepada pelanggan berupa parkir gratis. Mereka pun membayar pajak parkir kepada pemerintah kota.

Firdaus menjelaskan bahwa awalnya parkir ditanggung ritel. Ia menyebut sesuai regulasi yang ada aktivitas parkir di sana termasuk parkir umum.

"Maka saat ini kita tarik menjadi parkir umum, sehingga juru parkir bisa memungut jasa layanan parkir di sana," terangnya kepada Tribunpekanbaru.com, Selasa (14/9/2021).

Menurutnya, pemerintah kota bakal mempertegas regulasi terkait pungutan jasa layanan parkir di ritel. Ia menyebut bakal membahasnya secara internal terkait hal ini.

"Kita akan bahas ini, kita pertegas lagi antara layanan dari pemilik ritel dengan jasa layanan yang ditarik langsung kepada pengunjung," tegasnya.

Dirinya menjelaskan bahwa pajak parkir selama ini menjadi beban pemilik ritel. Sedangkan jasa layanan parkir dibayar langsung oleh pengunjung.

Firdaus mengingatkan agar Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru menggelar sosialisasi terkait kebijakan ini.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved