Dinilai Sukses, Bapenda Riau Akan Tambah Layanan Samsat Drive Thru di Riau, Ini Lokasinya

Terbukti, sejak dioperasikan 9 Agustus 2021 lalu hingga saat ini sudah lebih Rp 1 miliar pendapatan yang dibukakan dari Samsat Drive Thru

Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
Istimewa
Launching pembayaran pajak melalui sistem drive thru langsung dilakukan oleh Gubernur Riau, Syamsuar dan disaksikan Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Effendi bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-64 Provinsi Riau, Senin (9/8/2021). 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor model drive thru yang digagas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau dinilai sukses untuk menarik minta masyarakat dalam membayarkan pajak kendaraan bermotornya. 

Terbukti, sejak dioperasikan 9 Agustus 2021 lalu hingga saat ini sudah lebih Rp 1 miliar pendapatan yang dibukakan dari pembayaran pajak melalui layanan Samsat Drive Thru ini.

Saat ini layanan Samsat Drive Thru di Riau baru ada satu titik. Yakni di depan Kantor Bapenda Riau, Jalan Sudirman Samping GOR Remaja Pekanbaru.

Untuk meningkatkan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak kendaraan bermotor, dan permudah masyarakat membayar pajak, Bapenda Riau berencana akan menambah lagi beberapa titik layanan Samsat Drive Thru di Riau.

Di antaranya ada di kabupaten Pelalawan, Rokan Hilir dan Indragiri Hilir.  Pembangunan fasilitas pembayaran pajak drive thru tersebut akan dialokasikan di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2021. 

Kepala Bapenda Riau, Herman MT, Rabu (15/9/2021) mengatakan, pembangunan sarana drive thru tersebut dalam rangka mempermudah wajib pajak membayaran pajak tahunan. 

"Kalau tidak ada kendala di anggaran perubahan kita bangun drive thru di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan dan di Ujung Tanjung, Kabupaten Rokan Hilir," katanya. 

Lebih lanjut, Herman menyampaikan, untuk pembangunan drive thru di Pangkalan Kerinci, pihaknya telah koordinasi dengan pemerintah setempat, dan Bupati Pelalawan siap menyediakan lahan untuk Samsat Drive Thru .

BACA JUGA :

Bioskop CGV Buka Kembali Secara Bertahap, Penonton Wajib Sudah Dua Kali Vaksinasi Covid-19

Harus Tepat Guna, Ini yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memodifikasi Mobil

Sedangkan untuk Samsat Drive Thru di Ujung Tanjung, saat ini sudah jalan. Hanya saja fasilitasnya masih sederhana. Karena itu tahun ini akan dibangun secara permanen.

"Drive Thru di Tembilahan juga sudah kominikasi dengan pemerintah setempat, mereka mengusulkan letaknya di terminal. Memang lokasi bagus memiliki parkiran luas, tapi di sana malam agak sunyi. Makanya lokasinya masih kita pertimbangkan karena ini menyangkut keamanan alat kita," terangnya. 

Herman mengatakan, dimasa pandemi Covid-19 sekarang ini layanan Samsat Drive Thru dinilai efektif untuk memaksimalkan pelayanan pajak. Hal itu terbukti adanya Samsat Drive Thru Simpang Tiga, tepatnya di depan kantor Bapenda Riau. 

"Sejak kita resmikan 9 Agustus lalu, antusias masyarakat membayar pajak melalui drive thru cukup tinggi. Selama sebulan beroperasi, sudah Rp 1 miliar lebih wajib pajak bayar pajak tahuban lewat Samsat Drive Thru Simpang Tiga," ujarnya. 

Selain itu, tambah Herman, pihaknya akan mengupayakan setiap kabupaten/kota di Provinsi Riau minimal ada satu Samsat Drive Thru yang dibangun, seperti di Bangkinang, Kabupaten Kampar dan Duri, Kabupaten Bengkalis serta kabupaten/kota lainnya. 

"Karena pak gubernur berharap kalau bisa setiap kabupaten/kota ada Samsat Drive Thru . Sehingga ini bisa menjadi ikon kita memberi kemudahan kepada masyarakat membayar pajak tahunan," ucapnya.

( Tribunpekanbarutravel.com )

Wow, Baru Sebulan Beroperasi, Samsat Drive Thru Bapenda Riau Bukukan Pendapatan Hingga Rp 1 Miliar 

Bayar Pajak Mobil dan Motor di Pekanbaru Kini Semakin Mudah Lewat Samsat Drive Thru

Resmi Diluncurkan, Ini Lokasi dan Jadwal Layanan Samsat Drive Thru di Pekanbaru

10 Samsat Baru di Riau Layani Masyarakat Awal Tahun Ini, Ini Lokasi dan Jadwal Pelayanannya

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved