Marhum Pekan Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional, Tim Peneliti Pekanbaru Belajar ke Siak

Satu persatu Raja Siak diusulkan menjadi pahlawan nasional. Selain Tengku Buwang Asmara , Pemko Pekanbaru juga mengusulkan Marhum Pekan

Editor: Theo Rizky
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Walikota Pekanbaru Firdaus saat berada di Komplek Makam Marhum Pekan beberapa waktu lalu 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, SIAK - Satu persatu Raja Siak diusulkan menjadi pahlawan nasional. Selain Tengku Buwang Asmara , Pemko Pekanbaru juga mengusulkan Marhum Pekan menjadi pahlawan nasional. 

Sekretaris Daerah Kabupten Siak Arfan Usman menerima secara langsung Kunjungan kerja Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kota Pekanbaru, Selasa (14/9/2021) lalu di ruang kerja Wakil Bupati Siak, Kantor Bupati Siak. 

Tujuan kunjungan kerja TP2GD Kota Pekanbaru itu untuk belajar langsung kepada Pemkab Siak bagaimana Setda Kabupaten Siak dalam membantu TP2GD Kabupaten Siak, dalam mengusulkan Sultan Mahmud Abdul Jalil Muzaffar Syah yang bergelar Tengku Buang Asmara atau Sultan Siak ke-II menjadi Pahlawan Nasional.

Kunjungan kerja TP2GD Kota Pekanbaru itu, dihadiri langsung oleh Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi yang juga Ketua TP2GD Kota Pekanbaru, didampingi oleh Kepala Bappeda Kota Pekanbaru, Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru, beserta seluruh rombongan. 

Ketua Wakil Wali kota Pekanbaru yang juga ketua TP2GD Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi terlebih dahulu mengucapkan terimakasih atas sambutan yang luar biasa dari Pemerintah Kabupaten Siak .

"Tujuan hadirnya kami TP2GD Kota Pekanbaru ke Siak, dalam rangka pembelajaran terkait bagaimana Setda Kabupaten Siak dalam membantu TP2GD Kabupaten Siak, dalam mengusulkan Sultan Mahmud Abdul Jalil Muzaffar Syah yang bergelar Tengku Buang Asmara atau Sultan Siak ke-II sebagai Pahlawan Nasional,”  ucap Ayat Cahyadi. 

KarenaTP2GD Kota Pekanbaru, sambung Ayat, akan mengusulkan dan memperjuangkan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah (Marhum Pekan), sebagai Pahlawan Nasional. 

" Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah (Marhum Pekan) memiliki peran besar dalam pendirian Pekanbaru (saat ini Kota Pekanbaru). Pekanbaru ini dirintis oleh ayahandanya yaitu Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah,"ucapnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman mengucapkan selamat datang kepada Wakil Walikota Pekanbaru beserta rombongan di Kabupaten Siak

"Saya menyampaikan permohonan maaf dari Bapak Bupati Siak dan Wakil Bupati Siak yang tidak bisa hadir pada acara ini, karena ada acara lain yang tidak bisa ditinggalkan,” ucap Arfan Usman. 

Arfan juga mengatakan bahwa Kabupaten Siak dan juga Kota Pekanbaru, merupakan kakak -adik yang dulunya dibangun oleh Kesultanan Kerajaan Siak. 

"Untuk pengusulan Sultan Mahmud Abdul Jalil Muzaffar Syah yang bergelar Tengku Buang Asmara sebagai Pahlawan Nasional tersebut, kami terus berkoordinasi dengan TP2GD Kabupaten Siak yang terdiri dari unsur akademis, praktisi, budayawan, tokoh masyarakat maupun dari unsur Organisasi Perangkat Daerah,” kata Arfan.

Arfan menambahkan, sudah ada beberapa persyaratan yang dipenuhi, dan diserahkan ke TP2GD, diantaranya tentang riwayat hidup dan perjuangan calon pahlawan nasional, biografi calon pahlawan nasional yang diusulkan dan dokumen-dokumen pendukung calon pahlawan nasional.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kabupaten Siak Wan Idris, Kepala Bappeda Siak, Wan Tunus Ketua LAMR Kabupaten Siak, Wan Said serta tamu undangan lainnya.

( Tribunpekanbarutravel.com )

Dinilai Sukses, Bapenda Riau Akan Tambah Layanan Samsat Drive Thru di Riau, Ini Lokasinya

Lama Tak Dihuni, Pemkab Akan Fungsikan Kembali Pasar Seni Siak

Bioskop CGV Buka Kembali Secara Bertahap, Penonton Wajib Sudah Dua Kali Vaksinasi Covid-19

Pendiri Kota Pekanbaru, Marhum Pekan Diusulkan Sebagai Pahlawan Nasional

Destinasi Wisata Kampung Dayun Jadi Andalan untuk Mendukung Program Siak Hijau

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved