Kabar Gembira, Bantuan Untuk Pelaku UMKM dari Pemprov Riau Mulai Dicairkan

Semua UMKM yang sudah terdaftar sebagai calon penerima bantuan tersebut akan mendapatkan bantuan seluruhnya.

Editor: Theo Rizky
Istimewa
Pertamina bersama Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia (PPJI) menggelar Bazar Kuliner (Bakul) Online di UMKM HUB Jalan Arifin Ahmad Pekanbaru beberapa waktu lalu,. 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Sebanyak 10 ribu lebih pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Riau telah mencairkan Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sebesar Rp1,2 juta.

Total ada 20.883 pelaku UMKM yang akan menerima bantuan. Sejauh ini belum seluruhnya menerima bantuan. Sebab proses pencarian oleh pihak bank dilakukan secara bertahap. 

Namun Pemprov Riau telah menyiapkan anggaran Rp 24,9 miliar lebih di APBD Riau 2021 untuk UMKM terdampak Covid-19 .

Sehingga seluruh UMKM yang sudah terdaftar sebagai calon penerima bantuan tersebut akan mendapatkan bantuan seluruhnya. 

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan dan UKM Provinsi Riau, Asrizal, Kamis (30/9/2021) mengatakan, dalam penyaluran BPUM Pemprov Riau kepada 20.883 UMKM, pihaknya bekersama dengan Bank Riau Kepri (BRK). 

Pemprov Riau sudah mentrasfer anggaran Rp 24,9 miliar tersebut ke BRK selaku bank penyalur secara totalitas. Sehingga langkah selanjutnya adalah pencairan dari pelaku usaha.

"Sejauh ini dari laporan BRK sudah 52 persen pelaku usaha sudah mencairkan BPUM Pemprov Riau, atau sekitar 10 ribu lebih pelaku usaha mikro," katanya. 

Lebih lanjut Asrizal menyampaikan, dalam penyaluran BPUM ini pihaknya dengan BRK membuka rekening virtual masing-masing penerima bantuan yang datanya sesuai dengan SK Gubernur Riau. 

"Jadi sekarang bantuan itu telah tersalurkan di rekening virtual masing-masing UMKM penerima BPUM. Tahap selanjutnya pelaku usaha mikro dapat mencair bantuan itu dengan syarat yang telah ditentukan," terangnya. 

Supaya penyalurannya tepat sasaran, sebut Asrizal, maka penerima bantuan harus melampirkan KTP, surat domisili usaha, surat pertanggungjawaban mutlak yang ditandatangani di atas materai. 

"Kalau ketentuan itu sudah dipenuhi, maka pelaku usaha mikro bisa mencairkan bantuan di BRK terdekat. Sedangkan untuk pemberitahuan bahwa pelaku usaha menerima BPUM Pemprov Riau, kita bersama BRK mengirim SMS Blast ke nomor pelaku usaha yang terdaftar. Sehingga pelaku usaha mengetahui bahwa mereka penerima bantuan," katanya. 

( Tribunpekanbarutravel.com )

Besok Pembayaran Jasa Layanan Parkir Non Tunai Mulai Diterapkan di Kota Pekanbaru

Konstruksi Sudah Mencapai 74 Persen, Akhir Tahun ini Tol Pekanbaru-Bangkinang Mulai Difungsikan

Jadi Oleh-oleh Untuk Jokowi Saat ke Bengkalis, Ini Keistimewaan Kuliner Olahan Biji Getah Milik Dewi

PPKM Level 2 Diberlakukan, UMKM di Kota Pekanbaru Kemballi Bangkit

Tren Memelihara Hewan Meningkat Selama Pandemi, Ini Pesan Dokter Hewan

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved