Gubri Usulkan Syarat Penerbangan di Riau Cukup Swab Antigen, Begini Penjelasan Pihak Bandara SSK II

Gubri Syamsuar mengatakan pihaknya sudah mengusulkan agar syarat penerbangan cukup menggunakan swab antigen dan vaksin

Editor: Theo Rizky
Dok Tribun Pekanbaru
Suasana terminal kedatangan Bandara SSK II Pekanbaru beberapa waktu lalu. 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar berharap syarat penerbangan dari Provinsi Riau bisa cukup menggunakan hasil negatif swab antigen dan surat vaksin dua kali.

Sebab saat ini meski Riau sudah PPKM level 3 , namun syarat untuk penerbangan dari Riau masih menggunakan swab PCR. 

Gubri Syamsuar mengatakan pihaknya sudah mengusulkan agar syarat penerbangan cukup menggunakan swab antigen dan vaksin. Namun, usulan tersebut belum disetujui pusat.

"Kita masih pakai PCR karena itu diatur oleh pusat. Sebenarnya kami maunya sama seperti Jawa-Bali yang sudah bisa memakai antigen. Kami juga sudah mengusulkan agar bisa antigen, tapi belum direstui," kata Gubri di Taman Hutan Rakya (Tahura), Minas, Kabupaten Siak, Riau, Rabu (6/10/2021).

Saat ini, kata Gubri, Riau sendiri masih berstatus PPKM

"Kita sekarang PPKM Level 2 . Saya kira sudah turun masuk ke level 1, ternyata masih level 2. Ini diumumkan kemarin dan instruksi ini sudah disampaikan ke kabupaten kota se Riau, agar melaksanakan instruksi PPKM Level 2 tersebut," tambah Syamsuar.

Kalaupun nanti PPKM turun ke level 1, Syamsuar menegaskan bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir. 

Baca juga: Pasien Covid-19 di RSUD Arifin Achmad Terus Menurun, Kini Hanya Tersisa 12 Pasien

"Pandemi Covid-19 ini belum selesai. Meski nanti sudah turun ke level 1, kita masih harus tetap Prokes mencegah penyebaran Covid-19 di daerah kita. Apa lagi sekarang ini, negara tetangga kita seperti Singapura dan Malaysia, kasus Covid-19 masih tinggi," katanya.

Sementara itu, GM Angkasa Pura II Pekanbaru, Yogi Prastyo Suwandi kepada Tribun Pekanbaru, Rabu (6/10/2021) mengatakan, untuk penerbangan dari Riau ke daerah yang masih berstatus PPKM level 3 dan 4, maka calon penumpang harus melengkapi persyaratan negatif PCR dan surat vaksin dua kali.

"Namun untuk penerbangan ke daerah yang PPKM level 2, itu cukup menggunakan surat negatif swab antigen dan vaksin dua kali. Misalnya mau ke Batam atau ke Medan, itu kan PPKM level 2 , cukup swab antigen, tidak harus PCR," katanya.

Begitu juga sebaliknya, jika calon penumpang berasal dari daerah yang masih berstatus level 3 dan 4 seperti dari Jakarta menuju ke Kota Pekanbaru misalnya, itu juga harus menggunakan negatif PCR.

"Intinya kalau dua daerah itu sudah sama-sama level 2, cukup antigen saja, tapi kalau ada daerah tujuan kita masih level 3 atau 4 baru pakai PCR, aturan dari pusat seperti itu," jelasnya. 

( Tribunpekanbarutravel.com )

Vaksinasi Covid-19 di Faskes Pemko Pekanbaru Fokus Untuk Dosis Kedua

Pengamat Perkotaan: Bandara Pekanbaru Sudah Sepantasnya Dipindah ke Luar Kota

Pemko Pekanbaru Rekomendasikan Bandara SSK II Segera Direlokasi

Dilanjutkan, Kota Pekanbaru Masih Terapkan PPKM Level 2 untuk Dua Minggu ke Depan

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved