Tren Kasus Covid-19 Mulai Menurun, Pemprov Riau Optimis Sektor Pariwisata di Akan Menggeliat 

Pemprov Riau sejauh ini masih mengandalkan wisatawan lokal untuk mengangkat kembali industri pariwisata dan ekonomi kreatif

Editor: Theo Rizky
Tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Suasana Taman Rekreasi Alam Mayang Pekanbaru , Minggu (31/5/2020). 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Pemprov Riau sejauh ini masih mengandalkan wisatawan lokal untuk mengangkat kembali industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Provinsi Riau .

Seperti diketahui bahwa angka kasus penyebaran Covid-19 di Riau saat ini mengalami penurunan yang cukup drastis jika dibandingkan pada Juli dan Agustus 2021 lalu.

“Sejauh ini kita masih mengandalkan wisatawan lokal,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau Roni Rakhat, Jumat (8/10/2021) lalu.

Dia menambahkan, potensi wisatawan lokal di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sangat mungkin bisa dimaksimalkan oleh pihak pengelola untuk sementara ini.

Mengingat, setelah sekian lama orang-orang berdiam diri di rumah karena pembatasan mobilitas masyarakat dengan PPKM leveling.

Dengan turunnya status PPKM dari Level 4 ke Level 2 khususnya di Kota Pekanbaru , kata Roni, para wisatawan lokal juga sudah menunjukkan minat yang cukup tinggi untuk menyambangi tempat-tempat wisata. Sehingga, juga akan berdampak positif terhadap perputaran ekonomi masyarakat di sekitar objek wisata.

Oleh sebab itu, dia mendorong kepada pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Riau agar dapat memanfaatkan situasi saat ini untuk mendorong pertumbuhan dan tingkat kunjungan wisatawan di daerah-daerah. 

“Apalagi seperti yang kita ketahui sekarang untuk pintu penerbangan internasional belum bisa dibuka. Jadi satu-satunya yang diharapkan ya wisatawan lokal. Kami mendorong kepala daerah agar lebih giat lagi untuk promosi dengan memanfaatkan seluruh potensi sosial media yang mereka punya,” kata Roni.

BACA JUGA :

Gubri Usulkan Syarat Penerbangan di Riau Cukup Swab Antigen, Begini Penjelasan Pihak Bandara SSK II

Jangan Sampai Ada Lonjakan Lagi, Gubri Syamsuar Ajak Semua Pihak Pertahankan PPKM Level 2 di Riau

Roni mengatakan, kembali menggeliatnya sektor pariwisata di Riau bisa diamati dengan ramainya tingkat kunjungan masyarakat di beberapa tempat objek wisata, termasuk di sektor ekonomi kreatif di Provinsi Riau .

“Mulai nampak naik. Jadi ada kenaikan drastis ya jumlah kunjungan wisatawan. Bahkan destinasi-destinasi wisata pun sekarang dapat kita lihat sudah mulai ramai kembali,” katanya. 

Meski demikian, Roni menekankan kepada setiap pengelola di sektor pariwisata agar tetap mencermati penerapan protokol kesehatan ketat kepada pengunjung yang datang.

Dia menambahkan, meski sektor pariwisata masih didominasi oleh wisatawan lokal, dengan kondisi saat ini sudah cukup membuat para pengelola bernafas lega, setelah sebelumnya 100 persen harus tutup saat diberlakukannya PPKM Level 4 di beberapa daerah di Riau.

Roni menuturkan, dengan pelonggaran mobilitas masyarakat seiring dengan turunnya kasus penyebaran Covid-19 di Riau, para wisatawan lokal sudah mulai berdatangan ke tempat-tempat wisata bersama keluarga mereka.

“Memang sejauh ini masih wisatawan lokal, karena memang pintu masuk penerbangan internasional masih belum dibuka pemerintah. Kalau berapa persen kenaikannya, kami masih menunggu data yang akan dikeluarkan dari BPS Riau,” katanya.

( Tribunpekanbarutravel.com )

Umrah Kembali Dibuka, Namun Biaya Diperkirakan Akan Naik Rp 5 Juta Lebih, Ini Penjelasannya

Meresahkan, Aksi Premanisme Oknum Jukir Liar Bikin Tidak Nyaman Pengguna Jasa Layanan Parkir

Pembebasan Lahan Tol Pekanbaru-Bangkinang Tersisa 1 Km Lagi, Target Akhir Tahun Ini Dioperasikan

MR DIY Kembali Buka 2 Toko Baru di Riau, Kali Ini di Pangkalan Kerinci dan Perawang

Desa di Kampar Ini Sulap Parit Jadi Kolam Ikan, Berhasil Raih Juara I Lomba Desa Tingkat Provinsi

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved