Pimpin Pengcab ISSI Siak, Jon Effendi Bakal Data Komunitas Sepeda dan Gelar Event Besar

Komunitas sepeda yang ada di Siak bakal dilibatkan dalam berbagai kegiatan yang akan digelar ke depannya. 

Editor: Theo Rizky
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Warga tengah bersepeda 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, SIAK - Jon Effendi resmi memimpin Pengcab Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kabupaten Siak periode 2021-2025. Ia bakal mendata semua komunitas sepeda dan berencana membuat event besar. 

“Alhamdulillah, kami sudah dilantik menjadi pengurus Pengcab ISSI Kabupaten Siak oleh Ketua Pengprov ISSI Riau Syahrial, Minggu kemarin di Siak. Kami tentunya bersemangat untuk pengembangan olahraga bersepeda ini di Siak,” kata Jon Effendi kepada Tribunpekanbaru.com, Senin (11/10/2021). 

Jon Effendi menjelaskan, pentingnya mendata komunitas sepeda se Kabupaten Siak untuk menyempurnakan data base dan memetakan potensi. Komunitas sepeda yang ada di Siak bakal dilibatkan dalam berbagai kegiatan yang akan digelar ke depannya. 

“Event besar yang kami maksud adalah melibatkan komunitas-komunitas sepeda, namun skala event untuk pertama masih se Kabupaten Siak . Sukses di sini nanti baru kita melangkah pada event sepeda lebih besar lagi,” kata Jon, yang juga Kepala Bagian Hukum Setdakab Siak tersebut

Pelantikan Pengcab ISSI kabupaten Siak ini dilaksanakan di balai Datuk 4 Suku, kompleks Abdi Praja Siak. Pelantikan itu dihadiri Bupati Siak Alfedri dan jajaran. 

Ketua Pengprov ISSI Riau Syahrial usai melantik pengurus ISSI Siak meminta ISSI kabupaten Siak yang baru dikukuhkan mampu mengirimkan atlet balap sepeda yang handal dari Siak. 

Baca juga: Tambah Daya Tarik Wisata Siak, Pemkab Wujudkan Kota Kembar, Buka Jalan Baru di Pinggir Sungai Siak

"Tidak beberapa lama lagi kita akan mengirim atlet  pada Kejurnas, karena kepengurusan sekarang kita tidak main tunjuk saya, namun kita seleksi atlet berprestasi," ungkapnya.

Selain itu, Syahrial juga meminta agar muncul atlet balap sepeda perempuan dari Siak. Sebab selama ini belum ada atlet balap sepeda perempuan yang muncul. 

"Kami berharap Siak ini ke depan banyak talent scouting (pemandu bakat) untuk perempuan, kami kemarin ke Rohil, kami mendapat laporan mereka merekrut anak peternak kambing yang tiap harinya mencari rumput, tapi bersepeda. Jadi mereka di rekrut oleh ISSI untuk dijadikan atlet sepeda, mereka rata-rata berusia 15 tahun," terangnya. 

Ia juga meminta kepada ISSI Siak yang baru dilantik, jangan banyak kegiatan seremonial, namun banyak kegiatan untuk berlatih.

"Kegiatan kita tak usah banyak seremonial lagi, banyak kan aja dayung sepeda. Jadi kalau acara seperti ini, sudah cukup," pintanya. 

Baca juga: Arsip & Mesin Tik Kerajaan Siak Ada di Tangan Warga, Kadis Perpustakaan: Jika Diminta Harus Bayar

Bupati Siak Alfedri selaku penasehat ISSI kabupaten Siak mengatakan sepeda merupakan ikon olahraga di Siak. Sebab sejak 2013 Pemkab Siak menggelar balap sepeda berskala internasional Tour de Siak dan terhenti sejak 2 tahun terakhir akibat wabah Covid-19 .

"Harapan kita Tour de Siak ini diperluas dan di rancang sampai ke Bengkalis. Bahkan sudah di anggarakan, karena Covid itu sempat tertunda. Mudah-mudahan kedepan pasca Covid-19 bisa kita laksanakan," harapnya.  

Melalui kesempatan itu Alfedri mengapresiasi anak Siak yang mewakili Riau di PON Papua. Meraih prestasi 2 emas dari cabang anggar,  satu perunggu cabang sepatu roda dan 1 emas dari cabang olah raga angkat besi. 

"Mereka berprestasi di tingkat nasional. Kami ingin kedepan ISSI Siak juga memiliki atlet yang berprestasi, baik tingkat daerah bahkan di tingkat nasional," katanya. 

Pada kesempatan itu Ketua ISSI Riau menyerahkan uang sagu hati kepada duta sepeda Siak Salsa, Rahma dan Iskandar.

( Tribunpekanbarutravel.com )

Ekowisata Rawa Mekar Jaya, Pesona Lebatnya Hutan Mangrove di Pesisiran Kabupaten Siak

Tersembunyi di Kabupaten Siak, Danau Telago Batin Bungsu Miliki Potensi Wisata yang Menjanjikan

Raih Juara 1 Kota Bersih Se-Riau, Gubri Berharap Tahun Depan Siak Wakili Riau ke Tingkat Nasional

Memiliki Nilai Sejarah Tinggi, Ini 5 Benda Menarik Milik Sultan yang Ada di Istana Siak

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved