Destinasi Wisata di Dumai

Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Pesisir, Pendidikan Sekolah Pantai Indonesia Digelar di Dumai

Pemerintah kota Dumai terus berupaya menggugah kesadaran masyarakat untuk senantiasa menjaga pantai agar tidak kotor

Editor: Theo Rizky
Istimewa
Objek Wisata Pantai Koneng Dumai 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, DUMAI - Pemerintah kota (Pemko) Dumai, terus berupaya menggugah kesadaran masyarakat untuk senantiasa menjaga pantai agar tidak kotor dari tumpukan sampah.

Asisten Pembangunan Setdako Dumai, Syahrinaldi menghadiri kegiatan Sekolah Pantai Indonesia yang dilaksanakan di Pantai Batu Bintang Purnama, digelar oleh SMKN Perikanan Provinsi Riau

‎Pada acara tersebut, Syahrinaldi mengatakan wilayah pesisir merupakan tempat tinggal dan usaha bagi sebagian masyarakat Kota Dumai , ‎kawasan ini menyediakan sumber daya alam yang berlimpah dan layak dijual dari segi ekonomi melalui ekowisata dan pemanfaatan lainnya. 

"Namun dibalik itu, daerah pesisir rentan terhadap perubahan lingkungan yang terjadi, serta bencana serta dampak perubahan iklim," katanya.

Ia menambahkan, masyarakat yang tinggal di daerah ini perlu memahami mengenai mitigasi bencana dan adaptasi perubahan iklim untuk meningkatkan ketangguhan kawasan potensial ini. 

Dirinya menjelaskan, salah satu caranya adalah  membangun atau mengugah kesadaran masyarakat terkait kebersihan dan menjaga ekosistem di laut, bisa  dimulai lewat dunia pendidikan sebagaimana yang dilaksanakan dalam Sekolah Pantai Indonesia (SPI). 

Syahrinaldi menerangkan, Sekolah Pantai Indonesai (SPI) adalah suatu bentuk kegiatan penyebarluasan informasi dan pengetahuan mengenai fungsi, manfaat, aktivitas manusia dan faktor iklim yang dapat mempengaruhi keberlanjutan dan kelestarian sumber daya ekosistem pesisir dan laut yang diberikan kepada siswa SMP dan SMK sederajat  di wilayah pesisir.

BACA JUGA :

1 Tahun Usia Tol Pekanbaru Dumai, Kendaraan Melintas Sudah Mencapai 4 Jutaan

Menara 99 Meter Bakal Hiasi Dumai Islamic Center

Dijelaskanya, SPI hadir sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian pemerintah dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di wilayah pesisir dan laut. 

Tentunya melalui SPI, Dirinya berharap akan  lahir generasi muda yang mampu menjadi agen perubahan, yang memiliki rasa cinta dan kepedulian yang tinggi, dalam mengelola lingkungan dan kekayaan sumber daya pesisir dan laut serta melestarikan budaya bahari sebagai jati diri bangsa maritim.

Menurutnya, pemanfaatan posisi strategis dibidang kepelabuhanan harus dibarengi dengan pelestarian daerah pesisir pantai.

Jika tidak, tentu hal ini Justru akan merugikan daerah kita sendiri, adapun aksi SPI  adalah tindakan tepat yang perlu dukungan maksimum. 

"Pemberian pemahaman yang baik pada usia sekolah diharapkan menjadi modal yang kuat bagi para siswa untuk menjadi agen perubahan di masyarakat," pungkasnya.

( Tribunpekanbarutravel.com )

Ramah Lingkungan dan Ramah di Dompet, Motor Listrik ECGO Hadir di Kota Dumai

Kejar Herd Immunity, Lanal Dumai Gelar Serbuan Vaksinasi Maritim di Rupat Utara

Cerita Bandar Bakau, Bandarnya Kota Dumai

Lebih Persuasif dan Humanis, Bapenda Riau Gelar Penertiban dan Sosialisasi Pajak Kendaraan di Dumai

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved