Pertama di Riau, Kapolda Resmikan Drive Thru Pelayanan SIM, Pajak dan SKCK di Rohil

Drive Thru yang pertama di Provinsi Riau tersebut merupakan salah satu bentuk pelayanan terpadu Polres Rohil

Editor: Theo Rizky
Istimewa
Kunjungan Kerja Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi,SH SIK,MSi, mendarat Ke Markas Kepolisian (Mako) Polres Rohil Rabu (13/10/2021). 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, ROHIL - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi,SH SIK,MSi, mendarat Ke Markas Kepolisian (Mako) Polres Rohil di Jalan Lintas Riau-Sumut, Kabupaten Rokan Hilir dengan mengunakan Pesawat Helikopter dalam acara Kunjungan Kerja (Kunker) beserta rombongan dari Polda Riau Rabu (13/10/2021).

Kedatangan orang nomor satu di Polda Riau beserta rombongan diantaranya Dir Samapta dan Dir Polairud di sambut langsung Kapolres Rohil AKBP Nurhadi  Ismanto,SH SIK,bersama Bupati Rohil Afrizal,Ketua DPRD Maston,Ketua LAMR Rohil,para Kepala Forkominda,Waka Polres,Para Kabag,Kasat,Seluruh Kapolsek dan Personil Polres Rohil,Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta puluhan awak media.

Kunker Kapolda Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi,SH,SIK,MSi diawali dengan disambut pemasangan kain songket dan tajak Melayu oleh ketua Lembaga Adat Melayu Riau di iringi tari persembahan dan pencak silat Melayu.

Tiga Agenda Kunker Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi,SH,SIK,MSi di Polres Rohil, pertama menjadi Irup pada Apel Patroli berskala besar dalam rangka pengamanan Obyek Vital Nasional di wilayah hukum Polres Rohil yang diikuti seluruh undangan yang hadir.

Kedua peluncuran atau Peresmian Pelayanan Terpadu Drive Thru Polres Rokan Hilir diantaranya Pelayanan SIM, Pajak Tahunan Kendaraan,Laporan Kehilangan Barang dan SKCK yang menjadi inovasi pertama aplikasi pelayanan digital Drive Thru di Polda Riau bahkan Indonesia.

Drive Thru yang pertama di Provinsi Riau tersebut merupakan salah satu bentuk pelayanan terpadu Polres Rohil agar masyarakat Rohil lebih mudah mendapatkan pelayanan pembuatan SIM, melakukan pembayaran pajak tahunan kendaraan, laporan kehilangan barang serta pembuatan SKCK melalui aplikasi digital.

Peresmian itu ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kapolda Riau disaksikan Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto SH SIk dan Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP serta Forkopimda.

Kapolres Nurhadi Ismanto dalam sambutannya mengatakan, jika masyarakat ingin mendapatkan layanan terpadu Polda Riau secara digital ini, cukup melakukan instal aplikasi tersebut lalu lampirkan persyaratan yang di sudah discan dan mengisi formulir digital yang disediakan.

"Kalau syaratnya sudah lengkap, pada saat datang ke drive thru tinggal masuk langsung bayar, sehingga tidak perlu lama antre," jelas Nurhadi.

Selain itu, dengan adanya pelayanan ini, Kapolres berharap dapat mencegah penyebaran Covid-19 dan diharapkan dapat jadi inkam PNBP Polri dan menambah PAD Provinsi Riau dan Kabupaten Rohil.

Sementara itu Kapolda Riau mengatakan, layanan ini sebagai salah satu bentuk upaya Polri untuk mendukung program pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat Rohil untuk memberikan layanan yang berbasis digital.

"Ini suatu kemajuan bagi kita semuanya, bahwa Rohil memiliki berbagai inovasi layanan bisa dirasakan masyarakat. Saya mengucapkan selamat atas inovasi ini karena ini yang pertama di jajaran Polda Riau," ungkap Kapolda.

Disamping itu, Kapolda meminta agar layanan drive thru ini tidak hanya ramai saat baru diresmikan saja. Kapolda meminta agar Polres Rohil memastikan ada petugas dan operator yang tetap melayani.

"Era kita memang sudah ke digital, kita akan bawa Rohil lari lebih kencang lagi. Kalau untuk urus SKCK biasanya satu hari habis waktu, sekarang cukup sebentar bisa disini," Jelas Agung.

Dikatakan  Agung masyarakat bahkan tidak perlu turun dari sepeda motor barang sudah jadi.

"Era kita sudah ke sana, kita jadikan Rohil lari lebih kencang lagi,mempersingkat waktu lebih produktif layanan sudah tidak perlu mengisi blangko ini memudahkan kita, namun tantangan kita dalam mengisi form digital proses pelayanan ini lebih baik lagi dan yang pasti,Pelayanan kepada masyarakat saat ini menjadi hal yang di ke depankan pemerintah," terang Agung.

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal menyambut baik kinerja Kapolda Riau dan Kapolres Rohil dalam upaya memberikan kemudahan pelayanan digital berbasis aplikasi kepada masyarakat Rohil terutama penanganan Covid-19 kemudian pengamanan obyek vital Nasional yang ada di Kabupaten Rohil ,serta pelayanan Drive Thru yang sangat mudah untuk di akses melalui Hp,sehingga masyarakat di mudahkan dengan pelayanan ini.

"Selamat datang di Rohil Bapak Kapolda,Pemerintah Kabupaten Rohil memberikan apresiasi atas kinerja Kapolda dan Kapolres Rohil dalam memberikan pelayanan aplikasi digital sehingga sangat memudahkan masyarakat kita yang berurusan dengan pelayanan SIM atau kehilangan serta membayar pajak termasuk pengamanan obyek vital nasional yang ada di Rohil,mari kita bersama membangun Rohil lebih baik kedepannya," ucap Bupati.

Agenda terakhir Kapolda Riau di Polres Rohil yaitu pencanangan Aplikasi Bersama Selamatkan Riau (BSR) terkait penanganan Covid-19 di wilayah hukum Polres Rohil di Gedung Tunggal Panaluan diawali dengan melihat langsung pelaksanaan Vaksinasi di Klinik Bhayangkari dengan masyarakat. 

( Tribunpekanbarutravel.com )

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved