PPKM di 10 Kabupaten Kota di Provinsi Riau Naik ke Level 3, Ini Penyebabnya

Hanya 2 kota di Riau yang masih bertahan menyandang status PPKM Level 2. Pemprov Riau telah mengirimkan dosis vaksin ke seluruh kabupaten dan kota

Editor: Theo Rizky
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Vaksinasi Covid-19 di Pekanbaru beberapa waktu lalu 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - 10 kabupaten kota di Riau level Satus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) naik dari level 2 ke level 3.

Hal ini gara-gara capaian vaksinasi masih rendah,  

Tersisa dua daerah lagi di Riau yang saat ini masih bertahan pada PPKM level 2 . Yakni Kota Pekanbaru dan Kota Dumai , selebihnya naik menjadi level 3. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Rabu (20/10/2021) lalu mengatakan, naiknya level PPKM di 10 daerah tersebut, dikarenakan capaian vaksinasi belum mencapai 70 persen dan masih dibawah 40 persen. 

Sementara, capaian vaksinasi di Kota Pekanbaru sudah mencapai 75 persen, dan Kota Dumai mencapai 67 persen dari jumlah penduduk.

Namun, untuk Pekanbaru capaian vaksinasi bagi Lansia baru mencapai 35 persen, sehingga tidak bisa turun ke level 1.

Sesuai aturan Inmendagri vaksinasi bagi lansia harus mencapai 60 persen. 

Mimi mengatakan, aturan pemerintah melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No 54 tahun 2021 menyebut, kriteria Level 2 yang naik ke level 3, yaitu Kabupaten Kampar , Indragiri Hulu, Bengkalis, Indragiri Hilir, Pelalawan, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Siak, Kuantan Singingi, dan Kepulauan Meranti.

Mimi menjelaskan penetapan level wilayah berpedoman pada Indikator, penyesuaian upaya upaya kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial, dalam penanggulangan pandemi Covid-19.

Baca juga: DPRD Pekanbaru Minta Pembangunan Fly Over di Simpang Panam Digesa, Tahun 2022 Dimulai

Ditetapkan oleh Menteri Kesehatan dan ditambahkan dengan indikator capaian total vaksinasi dosis 1. 

"Level PPKM kabupaten/kota dinaikkan 1 level, apabila capaian total vaksinasi dosis 1 kurang dari 40 persen. Untuk 10 kabupaten yang kembali naik ke level 3 dari level 2, itu dikarenakan capaian vaksinasi bagi masyarakat tidak mencapai 40 persen. Makanya naik, dan aturan PPKM level 3 tetap dijalankan oleh kabupaten kota untuk menekan angka penyebaran kasus positif Covid-19 di daerah,” kata Mimi.

Dijelaskan Mimi, Pemprov Riau telah mengirimkan dosis vaksin ke seluruh kabupaten dan kota, sesuai dengan yang dikirim oleh Kementerian Kesehatan. 

"Untuk itulah perlu peran dari kepala daerah untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar segera divaksin, untuk mencapai target 70 persen vaksinasi," ucap Mimi. 

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Rabu (20/10/2021) capaian vaksinasi di Kota Pekanbaru sebanyak 73 persen, Kampar 25 persen, Pelalawan 27 persen, Kuansing 27 persen, Inhu 30 persen, Inhil 23 persen, Siak 30 persen, Rohul 24 persen, Rohil 26 persen, Bengkalis 28 persen, Meranti 37 persen dan Dumai 65 persen.

( Tribunpekanbarutravel.com )

Tim Vaksinasi Covid-19 Akan Lakukan Jemput Bola Untuk Vaksinasi Lansia di Kota Pekanbaru

Kota Pekanbaru Masuk Dalam Zona Kuning, Tetap Waspadai Gelombang Ketiga Covid-19

PPKM Level 2, Satpol PP Pekanbaru Ancam Bubarkan Tempat Hiburan Malam yang Buka Hingga Dini Hari

3 Pekan Ke Depan, Kota Pekanbaru Kembali Terapkan PPKM Level 2

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved