Tidak Perlu Turun Dari Motor, Layanan Drive Thru Terpadu Polres Rohil Selesai Dalam Hitungan Menit

Drive thru Terpadu Polres Rohil melayani perpanjangan SIM, pembayaran pajak tahunan kendaraan, laporan kehilangan barang serta pembuatan SKCK

Editor: Theo Rizky
Istimewa
Drive thru pelayanan terpadu Polres Rohil 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, ROHIL - Drive Thru di depan kantor Polres Rokan Hilir (Rohil) sudah mulai difungsikan sejak diresmikan beberapa waktu yang lalu.

Drive thru tersebut terbuat dari bahan kontainer yang didesain sedemikian rupa,

Drive thru pelayanan terpadu Polres Rohil tersebut pertama di Provinsi Riau dan merupakan salah satu bentuk  agar masyarakat Rohil lebih mudah mendapatkan pelayanan perpanjangan SIM, melakukan pembayaran pajak tahunan kendaraan, laporan kehilangan barang serta pembuatan SKCK melalui aplikasi digital.

Peresmian itu sebelumnya ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kapolda Riau disaksikan Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto SH SIk dan Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP serta Forkopimda pada Rabu (13/10/2021) yang lalu.

Drive thru Terpadu yang menjadi terobosan Polres Rohil ini, merupakan yang pertama ada di Provinsi Riau, bisa melayani berbagai urusan masyarakat dengan Kepolisian hanya dalam waktu singkat dan lebih praktis.

Layanan ini memudahkan masyarakat dalam berbagai urusan, mulai dari perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM), pengurusan pajak tahunan kendaraan bermotor, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) hingga surat kehilangan. Empat urusan tersebut kini bisa dilakukan di satu pelayanan, Drive Thru Terpadu alias 4 in 1.

Drive Thru Terpadu Polres Rohil ini dikonsep sedemikian rupa dan tentunya terintegrasi. 

Kontainer pun disulap sehingga masyarakat tak perlu repot lagi, bahkan tanpa harus turun dari sepeda motor maupun mobil untuk melakukan empat urusan tersebut. 

Dengan adanya terobosan Drive Thru Terpadu, waktu pengurusan pun bisa dipangkas hanya dalam hitungan menit saja.

Baca juga: PPKM di 10 Kabupaten Kota di Provinsi Riau Naik ke Level 3, Ini Penyebabnya

Tidak hanya petugas Kepolisian yang melayani, namun juga disiapkan petugas dari Dispenda.

Selain itu, layanan Drive Thru Terpadu yang dimiliki Polres Rohil juga sudah menggunakan aplikasi pelayanan terpadu Polda Riau.

Dengan begitu, masyarakat cukup mendownload aplikasinya lalu mengisi data, syarat-syarat dan setelahnya mendapat nomor antrean.

Dengan begitu, warga tak perlu menunggu di lokasi pengurusan karena sudah memiliki nomor antrean. Ini bertujuan mencegah kerumunan serta mencegah penularan Covid-19. 

“Sehingga pada saat datang mereka tinggal masuk membayar. Cashless di sini. Ini juga mencegah penyebaran Covid-19," kata Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi saat melakukan peresmian layanan tersebut.

"Drive thru ini merupakan pendukung dari upaya kita menyejahterakan masyarakat. Memberikan layanan yang baik. Rohil sekarang sudah memiliki inovasi untuk mempermudah masyarakat dan bisa dirasakan manfaatnya. Tolong ini dimanfaatkan betul dan saya ucapkan selamat atas inovasi ini. Ini yang pertama di jajaran Polda Riau," tambah Irjen Agung.

Baca juga: Berkarya dengan Limbah Palet Bekas PT IKPP, UKM Tualang Wood Working Kini Kebanjiran Pesanan

Terobosan ini tentunya tidak terlepas dari kerjasama antara kepolisian Polda Riau yang berkolaborasi dengan stake holder lainnya, bertujuan untuk mempermudah masyarakat mendapat pelayanan kepolisian.

"Tidak perlu turun dari kendaraan sudah jadi. Era kita memang sudah ke sana. Kita membawa Rohil berlari lebih kencang lagi. Kalau misalnya ngurus SKCK harus seharian, sekarang cukup 15 menit saja di sini, waktu kita bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih baik. Sudah tidak harus mengisi blangko macam-macam, tinggal isi di aplikasi digital," pungkas jenderal bintang dua ini.

Sementara itu Kapolres Nurhadi Ismanto dalam sambutannya mengatakan, jika masyarakat ingin mendapatkan layanan terpadu Polda Riau secara digital ini, cukup melakukan instal aplikasi tersebut lalu lampirkan persyaratan yang di sudah discan dan mengisi formulir digital yang disediakan.

"Kalau syaratnya sudah lengkap, pada saat datang ke drive thru tinggal masuk langsung bayar, sehingga tidak perlu lama antre," jelas Nurhadi.

( Tribunpekanbarutravel.com )

Hampir 2.000 Orang Akses Bus Vaksinasi Covid-19 Keliling di RSD Madani Pekanbaru

Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Minta Sistem Karantina Dihilangkan, Ini Alasannya

Bea Cukai Bengkalis Bantu Petani Kopi Liberika Meranti Untuk Ekspor Kopi Secara Mandiri

Jemput Bola,Kemenkumham Bolehkan Kanim Siak Buat Program Paspor Masuk Kampung

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved