Gubri Syamsuar Ingatkan Ancaman Gelombang ke-3 Covid-19, Ini Antisipasi Yang Harus Dilakukan

Gubri Syamsuar mengingatkan kepada seluruh masyarakat di Riau terkait ancaman gelombang ke 3 lonjakan kasus Covid-19 yang bisa saja terjadi.

Editor: Theo Rizky
tribunpekanbarutravel.com/Theo Rizky
Vaksinasi Covid-19 tahap kedua digelar di Gelanggang Olahraga Remaja Pekanbaru, Senin (1/3/2021). Ribuan orang yang mendapat Vaksi Covid-19 tersebut berasal dari berbagai instasi dan organisasi yang ada di Provinsi Riau 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar kembali mengingatkan kepada seluruh masyarakat Provinsi Riau terkait ancaman gelombang ke 3 lonjakan kasus Covid-19 .

‎Gubri mengimbau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan meskipun saat ini kasus positif Covid-19 di Provinsi Riau terus melandai, bahkan sempat hanya ada penambahan 2 kasus baru dalam sehari.

"Upaya kita bagaimana Prokes ditingkatkan, walaupun kemarin kasus terkonfirmasi positif lima  orang, namun jangan diabaikan," katanya, Selasa (2/11/2021).

Ia menegaskan, upaya mengantisipasi gelombang ketiga harus didukung dan dijalankan oleh semua pihak, termasuk masyarakat.  

Karena gelombang ketiga itu, tergantung bagaimana sikap yang bukan hanya dari  unsur pemerintahan namun juga partisipasi masyarakat dalam menjaga protokol kesehatan.

"Kami mengimbau masyarakat terutama patuhi protokol kesehatan, tetap patuhi aturan dalam menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan termasuk mencuci tangan itu juga, terapkan untuk selalu ada dalam kehidupan kita sehari-hari," katanya.

Sebab, dengan menjaga protokol kesehatan merupakan upaya agar terhindar dari penularan Covid-19, salah satu juga dengan vaksinasi bagian dari upaya mengatasi penularan.

Selain itu upaya antisipasi gelombang ketiga yang dilakukan, Syamsuar mengatakan bahwa pihaknya juga telah mengadakan pertemuan dengan direktur rumah sakit yang menangani pasien Covid-19 agar fasilitasnya tidak dikurangi.

Baca juga: Bandara SSK II Pekanbaru Masih Berlakukan Syarat Negatif PCR untuk Penerbangan Tujuan Jawa-Bali

"Isolasi mandiri di daerah kami minta untuk tetap diperhatikan. Ini juga bentuk antisipasi," katanya.

Selain itu, sebagai langkah antisipasi, Syamsuar mengingatkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Riau agar tidak mengambil cuti panjang saat libur natal dan tahun baru.

Sebab pada tahun ini pemerintah pusat sudah menetapkan bahwa cuti bersama natal tahun 2021 ini ditiadakan.

"Semua ASN harus mengikuti apa yang sudah menjadi arahan pemerintah pusat," kata Gubri.

Sebab saat ini Pandemi Covid-19 belum berakhir. Meski tren penambahan kasus harian cenderung menurun, namun penularan masih tetap terjadi.

Terlebih jika masyarakat abai dalam menjalankan protokol kesehatan.

Baca juga: 7 Bus Vaksinasi Covid-19 Keliling Kota Pekanbaru Layanan Masyarakat di Dua Tempat, Ini Lokasinya

"Akhir tahun ini kan ada natal dan tahun baru, itu nanti ASN kita harapkan tidak ada yang mengambil cuti dan melakukan liburan ke luar kota," ujarnya.

Selain itu, guna mencegah terjadinya kluster kantor, sejauh ini Pemprov Riau masih menerapkan kebijakan work from home atau bekerja dari rumah bagi sebagian pegawainya.

Khususnya bagi mereka yang sedang hamil, menyusui dan lanjut usia.

"Sekarang pegawai kita yang bekerja di kantor kan masih 50 persen," kata Gubri menegaskan upaya Pemprov Riau mencegah terjadinya penularan Covid-19 di lingkungan kantor.

Selain kepada ASN, Gubri juga mengingatkan kepada masyarakat Riau agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Terutama saat libur natal dan tahun baru nanti. 

"Desember itu ada natal dan tahun baru, memang sudah ada kebijakan cuti natal itu ditiadakan, tapi ini kan untuk pegawai negeri, yang masyarakat biasa seperti apa, kan mereka tetap bisa bergerak kemana-mana, ini yang harus diantispasi," katanya. 

( Tribunpekanbarutravel.com )

Jalan Agus Salim Pekanbaru Akan Dijadikan Seperti Malioboro, DPRD Minta 2022 Bisa Terealisasi

Warga Sambut Positif Kebijakan Penghapusan Wajib PCR Sebelum Terbang

Pembangunan Fly Over Panam 2022 Harus Terwujud, Anggota DPRD Pekanbaru Dorong Pemprov Gerak Cepat

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved