Operasi Zebra 2021 Akan Dimulai, Ini Tips dari Kasat Lantas Polres Dumai Agar Terhindar Tilang

Dalam waktu dekat Operasi Zebra Lancang Kuning 2021 akan segera dimulai, pengendara diimbau untuk melengkapi surat-surat kendarannya

Editor: Theo Rizky
Istimewa
Mulai 15 November 2021, Polres Dumai akan menggelar Operasi Zebra Lancang Kuning 2021‎.  

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, DUMAI - Dalam waktu dekat Polres Dumai akan menggelar Operasi Zebra Lancang Kuning 2021, tentunya ada imbauan-imbauan penting yang harus diketahui oleh masyarakat terutama pengguna kendaraan bermotor.

Kapolres Dumai AKBP Muhammad Kholid melalui Kasat Lantas AKP Akira Ceria membenarkan, bawa dalam waktu dekat tepatnya mulai 15 November 2021, Polres Dumai akan menggelar Operasi Zebra Lancang Kuning 2021‎. 

"Operasi Zebra 2021 ini, bakal berlangsung selama 14 hari, mulai 15 sampai 28 November 2021, dan operasi ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia," katanya, Jumat (12/11/2021).

‎Dirinya mengimbau kepada masyarakat pengguna kendaraan bermotor agar melengkapi surat-surat kendaraan, karena tak lama lagi, Polres Dumai akan menggelar Operasi Zebra Lancang Kuning 2021.

"Sasarannya, adalah pelanggaran-pelanggaran lalu lintas yang berpotensi mengakibatkan fatalitas Laka Lantas," jelasnya.

AKP Akira Ceria menerangkan,  Operasi Zebra 2021 ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap UU nomor 22 tahun 2009,  tentang lalu lintas angkutan darat dengan harapan terciptanya perubahan mindset berlalu lintas menjadi kepatuhan atau revolusi mental.

Bukan hanya itu saja, tambahnya, tujuan operasi ini untuk terwujudnya Kamseltibcar dan meminimalisir terjadinya pelanggaran, kecelakaan dan lalu lintas serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, ditengah pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dalam berlalu lintas.

Baca juga: Tingkatkan Angka Kesembuhan, Gubri Ingatkan Rumah Sakit Harus Berikan Obat Paten untuk Pasien Covid

"Selama operasi ini dilaksanakan, masyarakat diminta untuk melengkapi surat-surat kendaraan saat berpergian serta mematuhi peraturan lalu lintas agar terhindar dari tindakan saat operasi," imbaunya.

Dijelaskannya,  bagi masyarakat yang tak ingin terkena tilang dari petugas polisi, ada baiknya mengikuti beberapa tips.

Adapun tips yang wajib dipahami para pengendara bermotor agar terhindar dari surat tilang polisi antara lain, ‎lengkapi surat-surat kendaraan yang masih berlaku, jangan melawan arus, ‎pelat nomor harus sesuai dengan surat berkendara.

Kemudian, pengendara dan penumpang harus mengenakan helm dan sabuk keselamatan untuk pengguna mobil, sepeda motor harus lajur kiri (apabila ada lajur kanalisasi).

"Harus nyalakan lampu besar di siang hari, taati lampu merah dan marka jalan,  Bagi pengendara motor, jangan naik motor lebih dari dua orang, Bagi pengendara mobil, jangan pakai rotator atau sirine pada mobil pribadi. Jadi itu tips tips dari kami, harap dipatuhi," katanya.

( Tribunpekanbarutravel.com )

Pekanbaru Cuma Punya Waktu 2 Pekan Untuk Menggesa Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia

3 Bulan Berjalan, Bapenda Riau Catat Pemasukan dari Program Penghapusan Denda PKB Hingga Rp 136 M

Tingkatkan Angka Kesembuhan, Gubri Ingatkan Rumah Sakit Harus Berikan Obat Paten untuk Pasien Covid

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved