Dampak Virus Corona di Riau

Pecah Rekor Sepanjang Pandemi, Riau Nihil Penambahan Kasus Baru Covid-19

Setelah dua tahun selalu ada penambahan kasus setiap harinya, kini pada Minggu (14/11/2021) kasus baru Covid-19 tidak ditemukan di Provinsi Riau

Penulis: Theo Rizky
Editor: Theo Rizky
Dok Tribun Pekanbaru
Bus Vaksinasi Covid-19 keliling di Kota Pekanbaru 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Provinsi Riau akhirnya bisa memecahkan rekor sepanjang pandemi Covid-19 melanda Bumi Lancang Kuning ini.

Setelah dua tahun selalu ada penambahan kasus setiap harinya, bahkan sampai di atas 2 ribu kasus perhari, pada Minggu (14/11/2021) tidak ditemukan penambahan pasien baru terkonfirmasi Covid-19 di Riau.

"Alhamdulillah tidak ada kasus. Ini hasil yang cukup baik dan kalau bisa kita pertahankan," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Minggu (14/11/2021). 

Meski demikian, Mimi mengingatkan agar masyarakat tidak euforia. Sebab pandemi belum berakhir, sehingga penularan Covid-19 masih terjadi.

Terlebih jika masyarakat abai dalam menjalankan prokes.

"Masyarakat harus tetap memakai masker, dengan disiplin protokol kesehatan, menjadi kunci menurunnya kasus, bahkan hari ini nol kasus positif,” ujar Mi‎mi. 

‎Selain nihil kasus baru, pada hari yang sama, kabar baik lainnya adalah di Riau juga tidak ada penambahan pasien Covid-19 yang meninggal dunia. Sedangkan untuk pasien yang sembuh bertambah 9 orang. 

Baca juga: Pekanbaru Cuma Punya Waktu 2 Pekan Untuk Menggesa Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia

Hingga saat ini total kasus Covid-19 di Riau sebanyak 128.156 kasus. Yang masih menjalani isolasi mandiri masih ada 32 pasien. Sedangkan yang dirawat di rumah sakit 9 orang pasien lagi.

Total pasien sembuh hingga sat ini sudah mencapai 124.000 pasien. Sedangkan untuk total pasien Covid-19 yang meningal dunia sebanyak 4.115 pasien.

"Spesimen yang cukup banyak. Mencapai 2.845 spesimen ini menandakan kasus di Riau sudah melandai, tentu diiringi dengan kedisplinan prokes,” katanya.

Untuk persentase pasien yang sembuh kata Mimi, masih berada di angka 96,7 persen. Dan persentase ini hanya bergerak di angka 96,8 persen, ini dikarenakan kasus kematian akibat Covid-19 di Riau mencapai 3 persen. 

Baca juga: PPKM Level 3 di Pelalawan Diperpanjang Padahal Kasus Covid Nol, Satgas Kejar Capaian Vaksinasi

“Persentase pasien yang sembuh kasus Covid-19 akan tetap diangka 96,7 persen. Paling tinggi di angka 97,8 persen. Yang meninggalkan mencapai 3 persen, jadi angka kesembuhan kalau semua sembuh sampai di angka 97,8 persen,” kata Mimi.

Mimi juga mengingatkan masyarakat untuk mewaspadi masuknya varian baru dari luar negri. Karena negara tetangga Malaysia dan Singapura sudah masuk varian baru Delta plus atau AY.42. Dan varian ini masuk dari negara Eropa, dan perlu diwaspadai.

“Di Malaysia dan Singapura sudah terdapat varian baru Delta plus, ini dibawa oleh mahasiswa Malaysia yang pulang dari London, sudah ada kasus varian baru. Begitu juga yang di Singapura juga masuk AY.42 juga mahasiswa yang pulang dari inggris. Jangan sampai di daerah kita masuk varian baru ini,” tegas Mimi.

( Tribunpekanbarutravel.com )

Satu Puskesmas di Pekanbaru Harus Vaksin 500 Lebih Lansia dalam Dua Pekan Ini

Operasi Zebra Lancang Kuning 2021 Akan Digelar Selama 2 Minggu, Harap Perhatikan Hal Ini

Tingkatkan Angka Kesembuhan, Gubri Ingatkan Rumah Sakit Harus Berikan Obat Paten untuk Pasien Covid

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved