Ruas Jalan Menuju Makam Tuan Guru Sapat Inhil Dikerjakan, Gubri Ingatkan Pengawas Serius Bekerja

Makam ulama tersohor Inhil bernama Makam Syekh Abdurrahman Shiddiq Al-Banjari atau Tuan Guru Sapat ini merupakan cagar alam milik Provinsi Riau

Editor: Theo Rizky
Istimewa
Gubri Drs. H. Syamsuar, M.Si bersama Bupati Inhil HM Wardan dan generasi ke 2 Tuan Guru Ustadz Ali Azhar berada di depan Makam Tuan Guru Syekh Abdurrahman Shiddiq Al-Banjari di Dusun Hidayat, Desa Teluk Dalam, Kecamatan Kuindra, Kabupaten Inhil Riau, Minggu (14/11/21). 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, INHIL - Gubernur Riau Syamsuar menyorot pembangunan ruas jalan menuju Makam Syekh Abdurrahman Shiddiq Al-Banjari yang saat ini sedang dikerjakan di Dusun Hidayat, Desa Teluk Dalam, Kecamatan Kuindra, Kabupaten Indragiri Hilir .

Makam ulama tersohor Inhil yang dikenal dengan nama Tuan Guru Sapat ini merupakan cagar alam milik Provinsi Riau , sehingga Gubri menekankan pihak pelaksana kegiatan atau pengawas agar serius dalam mengerjakannya.

“Saya meminta kepada pihak pengawas pengerjaan jalan menuju makam agar tidak main-main dalam bekerja,” kata Syamsuar dalam kunjungan kerja meninjau pembangunan jalan tersebut usai ziarah ke Makam Tuan Guru Sapat , Minggu (14/11/21).

Gubri yang didampingi Kepala UPT Wilayah 4 Dinas PUPR Provinsi Riau Sanusi, menegaskan, Pemerintah Provinsi Riau tidak ingin anggaran yang telah dikucurkan dalam rangka meningkatkan fasilitas atau infrastruktur di makam yang menjadi wisata religi Inhil dan Riau ini menjadi sia-sia.

Apalagi peningkatan ruas jalan pemukiman Makam Syekh Abdurrahman Shiddiq ini bersumber dari dana dari APBD Provinsi Riau tahun anggaran 2021. 

“Ya, jangan sudah susah-susah kita mencarikan anggaran untuk pembangunan ini, namun pengerjaannya tidak sesuai dengan yang diharapkan,” tegas Gubri Syamsuar.

Lebih lanjut, Bupati Inhil HM Wardan yang turut mendampingi Gubri berharap, pembangunan jalan menuju Makam Syekh Abdurrahman Shiddiq ini akan mempermudah para peziarah atau wisatawan untuk berkunjung. 

Baca juga: Sejarah Sampan Leper Inhil, Lahir dari Adaptasi Masyarakat Terhadap Pasang Surut Air Laut

Selain itu, dikatakannya, pembangunan ini sangat penting mengingat wisata Religi Makam Tuan Guru Sapat merupakan cagar budaya yang harus terus dilestarikan baik dari nilai sejarah maupun agamanya.

“Karena dalam setiap harinya ada saja orang yang berziarah terlebih lagi apabila saat massa Haul Tuan Guru,” kata Bupati HM Wardan yang didampingi Sekda Inhil H. Afrizal, Asisten II H. Mukhtar T dan beberapa Kepala OPD terkait di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil.

Sementara itu, sebelum meninjau ruas jalan menuju Makam Tuan Guru Sapat, Gubri Drs. H. Syamsuar, M.Si bersama Bupati Inhil HM Wardan berziarah ke Makam Syekh Abdurrahman Shiddiq Al-Banjari didampingi Kepala Dispaporabud Inhil Junaidy Ismail.

Baca juga: Bukit Condong Selensen Inhil, Sajikan Keindahan Sunrise, Sunset dan Hamparan Awan yang Mengagumkan

Dalam kesempatan tersebut rombongan Gubri dan Bupati Inhil di sambut oleh Ustadz Ali Azhar selaku generasi ke 2 Tuan Guru Sapat . Ustadz Ali Azhar juga turut mendampingi rombongan membacakan do'a di Makam Tuan Guru Syekh Abdurrahman Shiddiq Al-Banjari.

Dalam rangka Kunkernya ke Kabupaten Inhil ini, Gubri yang didampingi Bupati Inhil juga melaksanakan sejumlah agenda, yaitu, peninjauan kegiatan gotong royong Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Inhil serta peninjauan jalan Telaga Biru Tembilahan. 

Gubri juga menyempatkan diri untuk takziah ke rumah duka tokoh masyarakat Inhil, yaitu, Alm. H. Abdul  Latif dan Almh. Hj. Anita Jumari yang beralamat jalan Trimas Tembilahan. 

( Tribunpekanbarutravel.com )

Wisata Religi di Inhil, Makam Tuan Guru Sapat Selalu Ramai Dikunjungi Peziarah Dalam & Luar Negeri.

Dukung Kemajuan Wisata Religi Inhil, Rumah Singgah di Makam Tuan Guru Sapat Akan Direnovasi

Berkarya Lewat Batok Kelapa, Pemuda Inhil Ini Akan Ekspor Kerajinannya ke India

Aquarius, Toko Oleh-oleh Khas Inhil yang Memanjakan Wisatawan di Tembilahan

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved