Dispar Riau Gelar Lomba Desa Wisata 2021, Ini 12 Nominasi yang Mewakili Kabupaten/Kota se Riau

Lomba desa wisata ini diharapkan mampu menjadikan desa wisata sebagai destinasi wisata unggulan di Provinsi Riau.

Editor: Theo Rizky
Istimewa/Dispar Riau
Desa Wisata Kebun Tinggi Kabupaten Kampar, Provinsi Riau . 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Dinas Pariwisata Riau menggelar Lomba Desa Wisata tahun 2021. Sebanyak 12 desa wisata terbaik dari dari kabupaten/kota ikut serta dalam ajang ini.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendorong pengelola desa wisata beperan aktif untuk mengembangkan desa wisata.

Dari siaran pers yang diterima Tribunpekanbarutravel.com, Rabu (17/11/2021), Provinsi Riau memiliki 1.859 desa/kelurahan, tersebar di 12 kabupaten dan kota.

Dari jumlah ini, sebanyak 123 desa telah dicanangkan sebagai desa wisata. Kemudian, dipilih 12 desa terbaik untuk mewakili kabupaten/kota mengikuti ajang Lomba Desa Wisata se Riau.

Adapun kategori desa wisata yang telah dicanangkan di Riau adalah, kategori alam, budaya, ekonomi kreatif, buatan, wisata atraksi, edukasi, kuliner, dan kategori lainnya.

Kepala Dispar Riau, Roni Rakhmat mengatakan, selain untuk mendorong pengelola desa wisata aktif mengembangkan desa wisata, lomba desa wisata diharapkan mampu menjadikan desa wisata sebagai destinasi wisata unggulan di Riau.

Baca juga: Destinasi Wisata di Riau Bertambah, Asita Yakinkan Pemda Bahwa Wisman dan Wisnus Antusias ke Riau

"Kegiatan ini juga untuk mengapresiasi desa di Riau dalam pengembangan desa wisata . Desa wisata diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di sekitar desa wisata di Riau. Dan meningkatkan potensi desa wisata yang lebih fleksibel dan terkoneksi dengan teknologi informasi," kata Roni, Rabu (17/11/2021) di Pekanbaru, didampingi Kabid PSDP Dispar Riau, Ridho Adriansyah.

Roni Rakhmat optimistis desa wisata di Riau mampu mendorong semua pelaku Parekraf. Sehingga bisa menjadikan desa wisata yang bisa berkembang dalam menopang perekonomian bangsa Indonesia menjadi kuat, dan bangkit kembali dari dampak Covid-19 .

Dalam penilaian lomba desa wisata ini, Dispar Riau melibatkan dewan juri profesional yaitu Osvian H Putra (Master Assesor), Dr. Ir. Eni Sumiarsih, MSc (Ketua STP Riau), dan Dr. Reno Renaldi, SKM, M.Kes (Dosen STIKES Hang Tuah).

Baca juga: Sejak Dikunjungi Presiden Jokowi, Destinasi Wisata Pantai Raja Kecik Bengkalis Semakin Ramai

Sebelumnya, dewan juri ini telah melakukan penilaian di sejumlah desa yang tersebar di Kota Pekanbaru, Dumai, Kabupaten Pelalawan, Siak, Bengkalis, Meranti, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kuansing, Inhu, dan Inhil.

Sesuai dengan Kompetensi dan latar belakangnya, masing-masing dewan juri melakukan penilaian. Adapun cakupannya adalah hal-hal yang berkaitan dengan Sadar Wisata, Sapta Pesona Aksesibiltas, Atraksi dan Amenitas, Digital Promotion, dan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability).

Berikut 12 Desa yang masuk dalam nominasi lomba desa wisata se Riau :

1. Kampung Wisata Okura Budaya Rumah Muslim Pekanbaru.

2. Rokan Koto Ruang, Rokan Hulu.

3. Pulau Tilan, Rokan Hilir

4. Rantau Langsat, Indragiri Hulu (Inhu).

5. Keritang, Indragiri Hilir (Inhil).

6. Kebun Tinggi, Kampar.

7. Kuala Terusan, Pelalawan.

8. Koto Sentajo, Kuantan Singingi (Kuansing) .

Halaman selanjutnya

9. Lampung Dayun, Siak.

...

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved