Kampung Dayun Juara I Desa Wisata Provinsi Riau, Ini Kata Bupati Siak

Setelah berproses sekitar 2 tahun, kini lokasi itu menjadikan Kampung Dayun keluar sebagai juara 1 desa wisata Provinsi Riau . 

Editor: Theo Rizky
Istimewa/Dispar Riau
Kampung Dayun, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Riau. 

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, SIAK - Pemuda Kampung Dayun menyulap embung untuk antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) menjadi destinasi wisata.

Setelah berproses lebih kurang 2 tahun, kini lokasi itu menjadikan Kampung Dayun juara 1 sebagai desa wisata Provinsi Riau

Embung Karhutla tersebut ditata dengan baik, di atasnya dibuat sarana flying fox, kemudian di dalam embung terdapat bebek kayuh.

Di pinggiran embung dibuat pula gazebo-gazebo, foto zone dan jogging track .

Kemudian dilengkapi dengan shaking bridge yang menantang. Posko Karhutla dijadikan kantor pengelolaan wisata oleh pengelola yakni Pokdarwis setempat.

Lokasi itu juga dilengkapi dengan kantin, toilet dan lapangan parkir yang luas, sehingga kawasan embung Karhuta itu kini menjelma menjadi destinasi wisata yang digemari masyarakat. 

Hebatnya, kawasan tersebut mengangkat Kampung Dayun masuk ke dalam 300 besar desa wisata yang dirilis Kementrian Pariwisata 2021.

Ketua Pokdarwis setempat, Nuviko Visuri tidak menyangka lompatan informasinya tidak hanya di tingkat provinsi namun di tingkat nasional.

Baca juga: Berawal dari Embung Karhutla, Kampung Dayun Siak Kini Menjelma Jadi Kampung Wisata yang Digandrungi

“Kami semakin semangat mengelola destinasi baru ini ke depan, dan kami maksudkan kawasan ini menjadi destinasi penyangga dari Taman Nasional Zamrud , yang tidak jauh dari kawasan ini,” kata Nuviko Visuri, Minggu (21/11/2021). 

Ia mengatakan, terkait juara I desa wisata tingkat provinsi Riau berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Riau . Penyerahan piagam juara langsung oleh Gubernur Riau Syamsuar kepada Penghulu Kampung Dayun ,  Nasya Nugrik, Jumat (19/11/2021) di lokasi.

Kegiatan itu dihadiri pula oleh Bupati Siak Alfedri dan Wakil Bupati Siak Husni Merza.

Pada kegiatan itu, Syamsuar mengatakan Provinsi Riau memiliki 1.859 desa/kelurahan, yang tersebar di 12 kabupaten dan kota. Dari jumlah tersebut, 123 desa telah dicanangkan sebagai Desa Wisata. 
 
"Lomba Desa Wisata ini bertujuan untuk mendorong pengelola Desa Wisata berperan aktif untuk mengembangkan Desa Wisata. Alhamdulillah kegiatan lomba desa wisata ini bisa dilaksanakan dengan baik. Terima kasih kepada dewan juri yang telah bekerja maksimal,” kata Syamsuar. 

Baca juga: Destinasi Wisata Kampung Dayun Jadi Andalan untuk Mendukung Program Siak Hijau

Sementara itu Bupati Siak Alfedri mengucapkan rasa syukur dan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Riau yang telah menunjuk Kabupaten Siak sebagai tuan rumah pada Anugerah Desa Wisata tingkat Provinsi Riau .

Ia juga tak lupa dengan jasa  stakeholder yang telah melakukan pembinaan terhadap Desa Wisata yang ada di Kabupaten Siak

“Kami bangga sekali ternyata kampung Dayun menjadi juara I desa wisata di Riau. Semoga hal ini menambah semangat Pokdarwis dan wisatawan pada berdatangan,” kata dia.

Alfedri menerangkan, Kabupaten Siak mempunyai  26 Desa Wisata yang dikelola oleh Pokdarwis. Pokdarwis Dayun bisa mengelola embung ini secara mandiri.

"Anggaran Desa Dayun didapat melalui dana desa Rp1,8 miliar dan bantuan dari pihak swasta Rp 1 miliar. Kini pendapatan di Desa Dayun per bulan bisa mencapai Rp 25 juta hingga Rp 30 juta. Yang hasilnya bisa menambah PAD desa,” ucap Alfedri. 
 
Alfedri mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Riau dan partisipasi dari semua yang telah melaksanakan pembinaan dan pengembangan terhadap Desa Wisata di Kabupaten Siak

"Semoga dengan adanya Anugerah Desa Wisata ini, bisa memotivasi Desa Wisata untuk terus mengembangkan Desa Wisata yang ada di Kabupaten Siak,” kata dia.

Dalam Penganugrahan Desa Wisata di Provinsi Riau tersebut, terpilih Juara 1 adalah Desa Wisata Kampung Dayun , Kabupaten Siak , Juara 2 Desa Wisata Meskom, Kabupaten Bengkalis , dan Juara 3 adalah Desa Wisata Rantau Langsat , Kabupaten Indragiri Hulu

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Ronni Rakhmat, Wakil Bupati Siak Husni Merza , Camat Dayun Novendra Kasmara, Kadis Pariwisata Kabupaten Siak Fauzi Azni, serta undangan lainnya

( Tribunpekanbarutravel.com )

Kampung Dayun Siak Raih Juara 1 Lomba Desa Wisata Riau

Cerita Kampung Dayun Siak, Desa Tertinggal yang Berhasil Raih Juara 1 Lomba Desa Wisata se Riau

Kisah Pantai Raja Kecik Bengkalis, Pantai Wisata yang Miliki Sejarah Tentang Asal Mula Kerajaan Siak

Mengingat Perjuangan Sultan Siak II, Puluhan Pesepeda Ikuti Napak Tilas Sejarah Perang Guntung Siak

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved